Cetak Sejarah, Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023 Untuk Pertama Kali

0

Kabar membanggakan untuk merah putih datang dari Piala Asia 2023. Di kompetisi sepakbola paling bergengsi di Asia itu, Indonesia berhasil lolos ke 16 besar dan keberhasilan ini menjadi Sejarah, karena  untuk pertama kalinya Indonesia masuk di babak gugur  selama lima kali ikut Piala Asia.

Kepastian Indonesia lolos 16 besar diraih setelah Kirgistan   berhasil menahan imbang Oman 1-1, pada laga terakhir Grup F di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Kamis malam (25/01/2024) .

Oman unggul pada menit kedelapan lewat Muhsen Al Ghassani. Kirgistan baru bisa membalasnya pada menit ke-80 lewat Joel Kojo.

Hasil imbang ini membuat Oman finis di posisi ketiga Grup F dengan nilai dua. Oman berada di bawah Indonesia, tim peringkat ketiga Grup D yang mengumpulkan nilai tiga.

Piala Asia 2023 memberikan jatah empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup yang ada untuk lolos ke babak gugur. Indonesia menempati peringkat keempat tim peringkat ketiga terbaik sehingga berhak tampil di 16 besar.

“Saya sangat senang. Walau pun satu kali menang dan dua kali kalah, tapi di setiap pertandingan para pemain bekerja keras. Mungkin itu yang mendatangkan hasil saat ini. Tanpa bekerja keras pun mungkin Tuhan tidak akan memberikan ini (keberuntungan),” kata Shin Tae-yong.

“Tetapi sepertinya para pemain sudah bekerja keras di setiap pertandingan jadi Tuhan juga tahu setiap usaha kita jadi bisa meraih babak 16 besar. Hari ini sangat bahagia jadi terima kasih banyak,” sambungnya.

Pada momen laga Oman dan Kirgistan, seluruh pemain , pelatih, dan ofisial memang menonton laga tersebut. Mereka menonton di hotel tempat menginap di Doha, Qatar. Begitu hasil imbang dipastikan, para pemain, pelatih, dan ofisial tampak bersuka cita dan melakukan selebrasi di salah satu ruangan di hotel tersebut.

Sementara itu, kapten Asnawi Mangkualam bersyukur atas pencapaian ini.  “Alhamdulillah, kita berhasil lolos. Tuhan menjawab do’a dan usaha kita,” kata Asnawi Mangkualam.

Pada babak 16 besar, skuad Garuda sudah ditunggu Australia di babak 16 besar. Duel akan berlangsung pada Minggu, 28 Januari 2024 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *