Pageants

Cinthia Kusuma Rani Berbagi Pengalaman Kepada Para Finalis MEI 2020

Miss Earth Indonesia (MEI) 2019 Cinthia Kusuma Rani memberikan pembekalan kepada para finalis Miss Earth Indonesia 2020 saat kegiatan karantina virtual  terakhir,Rabu,  (4/11/2020). Pembekalan yang diberikan Cinthia,  seputar pengalamannya mengikuti Miss Earth International  2019.

Cinthia mengatakan mewakili Indonesia  di kontes dunia menjadi pengalaman yang sangat berkesan dan tidak terlupakan. Dengan mengikuti kontes tersebut banyak networking yang didapat dan kelak akan bermanfaat di masa yang akan datang.

Menurut  Cinthia mengikuti kontes dunia tak hanya sekedar hadir mewakil negaranya, namun butuh persiapan agar  dapat tampil maksimal saat kontes dimulai. Waktu yang cukup panjang menjadi keuntungan untuk mempersiapkan diri secara matang, karena pemenang MEI 2020 baru akan tampil di  kontes internasional pada tahun 2021 mendatang.

“Ini waktu yang sangat panjang untuk teman-teman mempersiapkan segala sesuatunya, mulai nanti setelah grand final dan siapa pun kalian yang terpilih, kalian adalah orang yang beruntung walaupun teman-teman yang tidak terpilih jangan menyerah dan putus asa,” kata wanita cantik kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat ini.

Untuk mempersiapkan diri, Cinthia pun memberikan tips kepada para finalis. “Apa sih yang pengen dipersiapakan untuk berangkat ke internasional, yang pertama ada well-prepared. Well-prepared ini tentunya persiapan yang matang,” ujar Cinthia.

Cinthia menjelaskan, mempersiapkan diri yang baik  dapat memudahkan finalis dalam berkompetisi. Namun persiapan yang dilakukan harus terukur  agar tidak ada kesalahan.

Yang sangat diperhatikan Cinthia, saat mengikuti kontes dunia adalah  mempersiapkan pakaian selama kontes berlangsung. Mempersiapan pakaian ini penting karena banyak kegiatan  yang dijalani, .Tak hanya pakaian, asesoris-asesoris lain juga harus dipersiapkan secara rapi.

“Nah yang pertama apa yang harus dipersiapakan, yang pertama perhatikan itinerary-nya. Apa yang harus disiapkan, apa schedule-nya, yang berkaitan dengan schedule pastinya pay attention to dress, code, hairdo, make up & accessories,” terang Cinthia.

Cinthia kembali menjelaskan,  finalis akan dibekali susunan acara untuk dijadikan pegangan saat menjalani karaktina Miss Earth International. Dalam susunan acara tersebut akan diketahui kegiatan  yang dijalani para finalis. Kondisi tersebut,  dapat dimanfaatkan finalis untuk menyiapkan pakaian sesuai  kegiatan yang tercantum di susunan acara.

Agar persiapan lebih mudah, Cinthia menentukan pakaian apa saja yang dipakai untuk berbagai kegiatan karantina yang dijalaninya. Setelah dipilih pakaian tersebut disimpan dalam kotak dan difoto agar memudahkan Cinthia saat kegiatan akan dimulai.

“Kalau tips dari saya untuk mempersiapkan baju selama satu bulan ini, saya siapkan bajunya, kemudian saya foto. Misalnya asesoris sama baju, sama sepatunya, make up-nya seperti apa, hairdo-nya seperti apa, saya foto dan ditulis, misalkan ini untuk day one, jam segini fotonya  dan day two juga  dan seterusnya. Jadi saya buat kaya buku gitu. Jadi ada foto-foto biar ga lupa, karena waktunya sebulan memerlukan pakaian yang sangat banyak berikut asesorinya, hairdo-nya dan macam-macam lainnya” ungkap lulusan Universitas Pancasila ini.

Tips lainnya yang dikemukakan Cinthia yakni perbanyak latihan tentang cat walk dan public speaking. Kedua hal tersebut merupakan bagian yang dinilai dewan juri  selama karantina berlangsung. Selain itu, seorang finalis juga harus dapat melakukan make up sendiri.  Oleh karena itu, perdalam ilmu make up sangat penting karena dapat melancarkan finalis dalam mengikuti kegiatan karantina.

Tak berhenti disitu, tips berikutnya yang tidak kalah penting adalah memahami isu-isu lingkungan terkini. “Kemudian understanding the past and current environmental issues. Jadi kalian harus belajar juga isu-isu apa yang terupdate. Banyak-banyak mencari wawasan, khususnya mengenai isu-isu lingkungan,” tutur Cinthia.

Kemudian lanjut Cinthia yang juga patut diperhatikan siap mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Karena itu, tugas yang diberikan EL JOHN Pageants di karantina MEI 2020 menjadi modal untuk mengikuti kontes dunia.

“Nah ini adalah tugas-tugas, jadi sebelum kita berangkat kita diberikan beberapa tugas seperti yang teman-teman lakukan sekarang, seperti membuat eco video, kemudian ada juga bikin seperti makalah atau apa, di situ juga ada bikin video, ada foto ini foto itu, semuanya harus dipersiapkan dengan rapi. Di bikin jadwalnya sebelum kita menuju internasional,” tutup Cinthia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button