Culture

Culture Of Alas Akan Tampil di Taman Budaya Banda Aceh

Ikatan Pemuda Mahasiswa Aceh Tenggara (IPMAT) Banda Aceh bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Aceh akan mengelar kegiatan Culture Of Alas di Taman Budaya Banda Aceh pada pertengahan Oktober mendatang.

Sekretaris Panitia, Farida Husna Munthe, mengatakan, acara Culture of Alas ini akan menampilkan dan mengangkat Kesenian Budaya Tanah Allas, seperti tarian belo mesusun, pelebat, ngekhane, landak alun, dan teater serta puisi sejarah perjuangan Tanoh Alas. Penampilan teater sejarah benteng kutarih, stan masakan khas Alas, dan pernak-pernik Agara. Event itu juga akan dimeriahkan penampilan artis Sopan Sopian dan band. Rencananya, kegiatan itu digelar pada 19 Oktober 2019 di Taman Budaya Banda Aceh.

Wakil Ketua Ikatan Masyarakat Aceh Tenggara (IKAGARA) Banda Aceh, Yahdi Hasan yang juga anggota DPRA dari Partai Aceh, mengatakan, kegiatan ini diharapkan tidak seremonial belaka. “Tetapi, kegiatan ini bisa mendatangkan wisatawan ke Aceh Tenggara untuk mengenal lebih jauh bagaimana kebudayaan dan adat istiadat Tanoh Alas Metuah dan juga obyek wisata di Agara yang cukup terkenal seperti arung jeram Sungai Alas, Ketambe, dan obyek wisata pemandian air panas Lawe Gerger, Naga Kesiangan, dan air terjun Lawe Dua,” kata dia.

Pihaknya berharap IPMAT Banda Aceh hendaknya juga membuat pawai keliling Kota Banda Aceh memakai baju adat Alas dengan melibatkan para SKPK dan berkuda, yang merupakan ciri khas kebudayaan Alas dengan budaya Pemaman (berkuda).

Menurut Yahdi Hasan, agar kegiatan Culture Of Alas di Taman Budaya ini dapat lebih semarak, diharapkan peranan Bupati Agara dengan melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Dinas Pariwisata Aceh Tenggara, Majelis Adat Aceh (MAA), agar event yang dilaksanakan oleh mahasiswa Agara di Banda Aceh ini lebih semarak dan meriah.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close