Headline NewsHealthy Life

Di Hari Kesehatan Nasional ke-53, Wapres Kampanyekan Kebiasaan Hidup Sehat

Suasana car free day (CFD) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia Jakarta hari ini, Minggu, 12 November 2017 terasa lain dari akhir pekan biasanya. Lebih kurang 10 ribu orang yang berasal dari jajaran kesehatan, jajaran Kementerian/Lembaga, BUMN, institusi pendidikan kesehatan, mitra kesehatan, dan organisasi masyarakat telah berkumpul di sekitar Bundaran HI.

Mereka datang dengan satu tujuan yang sama, yakni menjadikan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November setiap tahunnya. HHK tahun ini dijadikan  momentum untuk menggaungkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) bagi semua komponen bangsa di seluruh Indonesia agar dapat melakukan perilaku hidup sehat untuk mencegah berbagai ancaman penyakit. Puncak HKN resmi dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dan dihadiri diantaranya Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Farid Moeloek, Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan; Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoly; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo; serta  Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara

Dalam sambutannya Wapres mengatakan pentingnya menjaga kesehatan karena kesehatan merupakan suatu kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Kekurangan kesehatan akan menjadi gangguan seseorang dalam menjalankan aktivitasnya

“Karena itulah maka saya ingin menyampaikan ucapan selamat agar kita melaksanakan cara hidup sehat,  kebiasan hidup sehat, kebiasaan bergerak, kebiasaan makan sehat, kebiasaaan untuk memeriksa kesehatan, kebiasaan untuk  hidup baik tidak merokok dan sebagainya,”ucapnya.

Lebih lanjut Wapres memaparkan kebiasaan-kebiasaan hidup sehat seperti bagaimana lingkungannya, kotor, baik, air bersih, sanitasi dan sebagainya bukan sebaliknya yang sering digambarkan orang upaya kesehatan itu dengan rumah sakit. Padahal rumah sakit itu adalah upaya terakhir.

“Jadi rumah sakit adalah pilihan terakhir, benteng terakhir daripada upaya kita kesehatan,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Menkes. Dalam sambutanya Menkes mengajak masyarakat untuk menerapkan pola sehat dari kehidupannya. “Kami ingin agar masyarakat dapat berperilaku hidup sehat secara terus menerus dalam kehidupan sehari- hari”, tutur Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, dalam sambutannya pada Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 12 November 2017.

 

Keluarga Sehat, Indonesia Sehat

Tema HKN ke-53 tahun ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat. Karena itu, karena itu upaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat adalah dimulai dari lingkungan keluarga.

Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti Pembangunan Kesehatan sesuai dengan UU Kesehatan Nomor 36 tahun 2009. Guna mendukung program tersebut, Kemenkes telah mengeluarkan Permenkes Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) pada dasarnya merupakan integrasi pelaksanaan program-program kesehatan baik upaya kesehatan perorangan (UKP) maupun upaya kesehatan masyarakat (UKM) secara berkesinambunganyang berfokus pada data dan informasi dari profil kesehatan keluarga.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button