Healthy LifeSports

“Donate Blood Kick Goals”, Kegiatan Donor Darah Dipadukan Dengan Turnamen Mini Soccer

Yayasan Broker Properti Indonesia bekerja sama dengan 2Go Center dan Perkumpulan Sosial Persaudaraan Yap Budi Luhur Jakarta, mengadakan kegiatan donor darah bertajuk “Donate Blood Kick Goals”. Aksi sosial ini berlangsung di Cafe Singgah Sini 2Go Center, Jalan Peta Barat No 88, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, pada Minggu (19/05/2024).

Untuk mensukseskan kegiatan ini, pihak penyelenggara menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang dengan target mengumpulkan 100 kantong darah. Antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini sangat tinggi, terlihat dari banyaknya peserta yang hadir untuk mendonorkan darah.

Mereka yang menjadi peserta donor berasal dari anggota Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI), anggota Perkumpulan Sosial Persaudaraan Yap Budi Luhur Jakarta serta masyarakat sekitar.

Selain memberikan manfaat langsung kepada penerima darah, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya donor darah secara rutin. Donor darah tidak hanya membantu mereka yang membutuhkan, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan bagi pendonor, seperti menstimulasi produksi sel darah baru dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Bukan hanya donor darah, pihak penyelenggara juga menyediakan fasilitas pemeriksaan gula darah gratis kepada peserta donor. Pemeriksaan ini dilakukan oleh Biotek Farmasi Indonesia yakni sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri kesehatan yang berbasis di Indonesia.

 Perusahaan ini didukung  oleh aktivitas manufaktur, penelitian, pengembangan, dan pemasaran. Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan telah melakukan pusat penelitian dan pengembangan produk di California, Amerika Serikat.

Ketua Yayasan Broker Properti Indonesia, Sulihin Widjaja, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin yayasan yang bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan darah di Indonesia.

“Kegiatan ini adalah kegiatan rutin Yayasan Broket Properti Indonesia yang dibawa oleh AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia). Donor darah ini kami lakukan setiap tahunnya sebagai bagian dari program AREBI Care,” ujar Sulihin Widjaja.

“Kita tahu bahwa darah sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, kami selalu berperan aktif dalam mengadakan kegiatan donor darah ini. Tidak hanya di Jakarta, teman-teman di Dewan Pengurus Daerah (DPD) AREBI di berbagai provinsi juga rutin melakukan kegiatan serupa,” tambahnya.

Menurut Sulihin, kebutuhan darah yang tinggi seringkali tidak diimbangi dengan ketersediaan stok darah yang cukup di Palang Merah Indonesia (PMI). Oleh karena  itu, sudah menjadi kewajiban, bagi semua pihak untuk dapat   membantu PMI dalam  mencukupi ketersediaan darah.

“Manusia sangat membutuhkan darah, dan kita sering kesulitan menemukan stok darah yang cukup. Oleh karena itu, kami mengimbau semua teman-teman yang memiliki kapasitas dan kesehatan yang baik untuk mendonorkan darah mereka. Mari bersama-sama kita mendonorkan darah,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Sosial Persaudaraan Yap Budi Luhur Jakarta, Kap Pek SI, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja sama yang terus terjalin dengan Yayasan Broker Properti Indonesia. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Broker Properti Indonesia yang telah mengajak kami bekerja sama untuk menggelar kegiatan ini. Ini adalah kerja sama yang ketiga kali,” ujar Kap Pek SI.

Menurut Kap Pek SI, kegiatan seperti ini sejalan dengan misi Perkumpulan Sosial Persaudaraan Yap Budi Luhur Jakarta yang juga aktif dalam kegiatan sosial.

 “Yayasan Broker Properti Indonesia selalu mengadakan bakti sosial, yang sama tujuannya dengan perkumpulan kami. Karena perkumpulan kami juga sering mengadakan baksos di bawah naungan Yayasan Yap Indonesia, yang saat ini sudah dilegalkan oleh Kementerian Hukum dan HAM,” tambahnya.

Kap Pek SI menjelaskan bahwa Perkumpulan Sosial Persaudaraan Yap Budi Luhur Jakarta berkomitmen untuk terus mengikuti dan mengadakan kegiatan sosial demi kepentingan masyarakat luas.

 “Apapun yang namanya bakti sosial, kami mengusahakan sebisa mungkin untuk mengikutinya. Dengan sendirinya, untuk masyarakat, untuk kepentingan banyak orang, kami akan maju terus untuk melakukan bakti sosial,” tegasnya.

Di waktu bersamaan juga digelar Grassroots Tournament 2024 yakni sebuah  turnamen mini soccer 7 lawan 7 untuk Sekolah Dasar  yang berada di sekitar 2Go Center. Ada enam sekolah dasar yang ikut ambil bagian dalam turnamen ini.

Grassroots Tournament 2024  menggunakan dua lapangan 2Go Center yang berstandar internasional dan  dirancang untuk memberikan pengalaman bermain sepak bola yang optimal.

Lapangan ini dilengkapi dengan rumput sintetis berkualitas tinggi yang meminimalkan risiko cedera dan memberikan kenyamanan bagi para pemain. Selain itu, fasilitas pencahayaan yang memadai memungkinkan permainan berlangsung hingga malam hari.

Mini Soccer 2Go Center juga menjadi tempat berkumpulnya komunitas olahraga dan keluarga. Dengan adanya cafe dan area duduk yang nyaman, pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman sambil menonton pertandingan. Kafe Singgah Sini 2Go Center menawarkan berbagai pilihan menu yang lezat, mulai dari makanan ringan hingga hidangan utama, yang bisa dinikmati oleh para pemain dan penonton.

Pemilik 2Go Center  Yendi Yap mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memadukan antara aksi sosial dengan turnamen olahraga khususnya sepak bola.

“Ini baru pertama kalinya kami merasakan kolaborasi antara donor darah dan olahraga khususnya di 2Go Center bersama Yayasan Broker Properti Indonesia. Sepertinya, daya tariknya besar sekali dan bisa membawa massa ke sini,” ujarnya.

Yendi  menyampaikan bahwa kehadiran lapangan mini soccer di 2Go Center memberikan solusi bagi anak-anak yang kesulitan menemukan lapangan sepak bola yang layak. Selama ini, banyak anak-anak yang harus bermain di jalan karena keterbatasan fasilitas.

“Mini Soccer 2Go Center hadir untuk membantu masyarakat, khususnya anak-anak yang kesulitan menemukan lapangan bola. Banyak dari mereka yang terpaksa bermain di jalan karena tidak ada tempat lain yang tersedia,” ujar Yendi Yap

Selain menyediakan lapangan, 2Go Center juga menghadirkan sekolah sepak bola yang didukung oleh pelatih profesional.

“Kami tidak hanya menyediakan lapangan, tetapi juga menghadirkan sekolah sepak bola untuk anak-anak dengan pelatih profesional. Ini penting agar mereka mendapatkan pelatihan yang tepat dan aman,” tambahnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button