Ersya Dwi Nurifanti Bersama JCI East Java dan Bye Bye Plastic Bag Surabaya Gelar Aksi Bersih Sampah di Pantai Kenjeran

0

Dalam rangka memperingati International Environment Day, Putri Bumi Indonesia Flora dan Fauna 2024 Ersya Dwi Nurifanti bersama Junior Chamber International East Java (JCI East Java) berkolaborasi dengan Bye Bye Plastic Bag Surabaya mengadakan aksi bersih-bersih pantai di Pantai Kenjeran, Surabaya, Sabtu (8/6/2024).

Selain melibatkan anggota JCI East Java dan Bye Bye Plastic Bag Surabaya, kegiatan ini juga diikuti oleh Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan Jawa Timur, Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar, dan masyarakat umum.

“Kegiatan ini telah beberapa kali dilaksanakan secara rutin. Namun, ini adalah kali pertama kolaborasi antar badan tersebut dengan Putri Bumi Indonesia Flora dan Fauna 2024,” ucapnya.

Ersya menjelaskan, ia tergerak melakukan aksi bersih-bersih pantai dikarenakan Pantai Kenjeran terdapat banyak sampah yang berserakan di bibir pantai.

Aksi bersih-bersih pantai ini sejalan dengan misi Ersya sebagai Putri Bumi Indonesia Flora dan Faunda 2024, di mana ia ingin memberikan kontribusi positif untuk masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

“Selain itu juga, Beach Clean Up tersebut dapat menjadi sarana bagi saya untuk berkolaborasi dengan NGO yang concern mengenai isu-isu lingkungan serta stakeholder terkait, dan sebagai platform saya untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk kebaikan bersama,” jelasnya.

Ersya mengatakan, untuk menjaga kelestarian bumi, ada berbagai cara yang dilakukan, seperti menghindari penggunaan plastik sekali pakai yang menyebabkan banyak penumpukan wadah-wadah yang reuseable.

“Menurutku tempat yuang perlu dibersihkan selain pantai adalah tempat-tempat wisata yang disitu banyak penjual makanan/minuman yang menggunakan wadah plastik sekali pakai, misalnya superti telara/danau, taman-taman kota,” kata Putri binaan Yayasan El John Indonesia.

Ersya berharap, adanya kegiatan aksi bersih-bersih pantai ini dapat membuka mata masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

“Harapan saya dengan dengan beach clean up ini, masyarakat data lebih aware bahwa menjaga kebersihan bukan hanya kewajiban aktivis lingkungan, tetapi seluruh masyarakat memiliki tugas dan kewajiban yang sama dalam menjaga kebersihan lingkungan,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *