DestinationLife Style

Event F8 Makassar 2018 Targetkan 1,5 Juta Wisatawan

Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata berkomitmen persembahkan sesuatu yang spesial pada perhelatan akbar Makassar Internasional Eight Festival and Forum (F8) Oktober mendatang.

Event yang masuk dalam kategori agenda nasional Kementerian Pariwisata ini tencananya akan dihelat selama 5 hari dipusatkan di anjungan Pantai Losari.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Makassar Amaliah Malik menyatakan tahun ini pemkot menggelontorkan anggaran sebesar Rp 3 Miliar.

“Tahun ini kita target 1,5 juta pengunjung, tahun lalu kita target 1 juta tapi pengunjung yang hadir 1,2 juta selama 5 hari gelaran. Target transaksi juga dinaikkan dari Rp9 miliar tahun lalu, tahun ini Rp15 miliar,” ucapnya.

Dinas Pariwisata Kota Makassar juga telah menyebar undangan hingga ke 50 kota di seluruh mancanegara.

“Ini adalah event tahunan kami dan di tahun ketiga ini kami akan membuatnya spektakuler lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. Tentunya para undangan dari kota-kota sahabat dari mancanegara,” ujar Amaliah.

Ia mengatakan kegiatan tahunan yang sudah masuk agenda rutin pemerintah kota dan Kementerian Pariwisata ini selalu menghadirkan undangan dari mancanegara.

Amaliah mengaku selain menghadiri undangan kegiatan, para tamu dari mancanegara sudah ada beberapa yang melakukan kerja sama dengan Makassar.

“Banyak hal yang didapatkan dari kegiatan ini. Selain tingkat wisatawan yang terus meningkat, penjajakan kerja sama juga sering dilakukan oleh beberapa kota-kota di mancanegara,” katanya.

Lebih lanjut, Amaliah Malik mengatakan kota-kota yang diundang ini nantinya diharapkan akan menampilkan pertunjukan di F8. Apalagi tema yang diusung tahun ini, “Celebration in Diversity” atau perayaan keanekaragaman.

“Yah kami harap semua kota yang diundang juga bisa perform, kalau untuk kota dari luar negeri yah sekitar 20 negara kami harap bisa perform,” ucapnya.

Dia juga berharap pemerintah pusat dapat membantu memfasilitasi persoalan keimigrasian dari para performer dari negara lain di F8. Sebab, event ini telah masuk dalam kalender event wisata nasional.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button