CultureDestinationTourismTravelWorld

Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan 2019 Tarik Wisatawan

Tradisi budaya ratusan tahun milik masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan terus dipertahankan eksistensinya sehingga mampu menarik ribuan wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu upaya melestarikan budaya terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan dengan kembali menggelar Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan 2019, Festival ini di gagas oleh pemerintah kabupaten Banjar, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Keunikan Pasar Terapung Lok Baintan ini selain menjajakan jajanan di atas perahu tradisional atau biasa disebut Jukung oleh masyarakat Baintan, juga para pedagang nya yang di dominasi oleh wanita menjadi daya tarik sendiri.

Masriah Seorang pedagang di pasar Terapung Lok Baintan mengatakan, Suami saya bekerja seorang petani dan berkebun saya seorang istri yang menjual hasil tani dan kebun nya biasanya di pasar terapung ini.

Bupati Banjar Khalilu Rahman Mengharapkan, dengan digelar nya festival pesona pasar terapung lok Baintan ini menjadi upaya untuk terus mempertahankan warisan leluhur agar juga bisa mengangkat perekonomian masyarakat Baintan

“festival ini menjadi agenda tahunan bagi masyarakat lok Baintan untuk mengangkat semua aspek perekonomian dan ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, untuk lokal maupun mancanegara” Ujar Bupati Khalilu

Khalilu Rahman Menambahkan, semua para pedagang di sini menjual hasil kebun dan pertanian yang digarap nya sendiri.

Perahu tanpa cadik yang penuh barang dagangan berayun-ayun. Sambil mendayung perahu mereka tak henti-henti menawarkan jualannya. Ada perahu penuh buah seperti pisang, jeruk, sirkaya, mangga.

Sebelahnya perahu penuh sayuran ditambah buah, kue-kue Banjar seperti apem, kue cincin serta barang kerajinan yakni topi khas Kalimantan. Bahkan ada juga perahu menjual kebutuhan dapur seperti cabai, tomat dan sebagainya. Harga jeruk 10 biji Rp 30.000, tiga sisir pisang mauli Rp 15.000, sirsak Rp 20.000, cabai Rp 30.000 per 1 liter, keladi Rp 5.000, kue cincin dan kue lainnya dijual Rp 2.000, topi anyaman ukuran kecil Rp 15.000 (dua topi), topi ukuran besar Rp10.000.

Festival Pasar Terapung Lok Baintan ini juga diadakan perlombaan seperti lomba hias Jukung, penampilan formasi Jukung, lomba foto serta penampilan seni budaya dari Kabupaten Banjar.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close