Culture

Festival Wong Gunung 2019 Pemalang

Saat musim kemarau seperti sekarang, sejumlah wilayah di Jawa Tengah mengalami kesulitan air bersih. Tak terkecuali di Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang.

“Festival Wong Gunung” yang sudah menjadi rutinitas tahunan masyarakat Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, tahun 2019 ini digelar di lapangan Pulosari, Desa Pulosari, Kecamatan Pulosari.

Jadilah, musim kemarau tidak melulu diratapi karena kesulitan air, tapi juga dikemas dalam sebuah atraksi pertunjukan budaya yang menarik dan menyedot ribuan warga untuk menyaksikannya. Bahkan, menarik wisatawan mancanegara. Tahun ini, Festival Wong Gunung 2019 merupakan yang keempat kalinya sejak 2016.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan nasional agar semakin banyak wisatawan yang datang ke Pemalang,” harap bupati.Bupati mengakui, daerah Pulosari masih kesulitan air, apalagi bila musim kemarau. Untuk mengantisipasi, lewat program PNPM, dilakukan pengambilan air dari Gunung Slamet.

Kegiatan Festival Wong Gunung yang diselenggarakan di desa lereng Gunung Slamet lanjut dia juga merupakan hal yang membanggakan. Sebab saat ini, geliat kesenian tidak hanya terlihat di kota-kota besar saja, namun di pelosok daerah, semangat berkesenian terus tumbuh.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo mengapresiasi kreativitas warga yang memunculkan Festival Wong Gunung. Dia mengakui, masyarakat Jawa Tengah adalah orang-orang kreatif yang memiliki jiwa seni tinggi.

Menurutnya, Jawa Tengah memiliki potensi budaya tradisional yang sangat berlimpah. “Bila semua ini disatukan dan dilestarikan, tentu akan menjadi kekuatan besar. Hari ini saya terkejut, kisah kesulitan air karena kemarau saja bisa jadi pertunjukan sebagus ini,” ujarnya.

Dia juga merasa bangga karena ada sebuah festival kebudayaan yang begitu menarik, digelar di daerah lereng Gunung Slamet. Ini menandakan bahwa geliat kesenian tidak hanya ada di kota-kota besar saja, namun di pelosok daerah. Ini menandakan semangat berkesenian terus tumbuh.

“Kita butuh banyak atraksi-atraksi kesenian semacam ini. Selain untuk menarik wisatawan, kalau banyak pertunjukan seni, maka masyarakat akan bahagia,” tegasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close