Cinema

Film Kartini Tayang di Rice University Cinema, Houston

Pada Hari Kartini tahun 2018 ini, KJRI Houston bekerja sama dengan Rice University Cinema menayangkan film Kartini dengan mendatangkan tamu istimewa, Hanung Bramantyo, sutradara film Kartini (21/4). Pemutaran film yang menceritakan perjuangan emansipasi perempuan di abad 80 ini dihadiri sekitar 200 orang dari kalangan universitas, pengusaha dan masyarakat Indonesia. Pemutaran film ini merupakan pertama kalinya di Rice University Cinema, universitas swasta terkemuka di Houston, Texas dengan standar sound system teater dolby digital.

Dalam sambutannya Konjen RI Houston, Dr. Nana Yuliana, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya promosi Indonesia melalui diplomasi publik ini. Kegiatan ini juga akan rutin dilakukan dalam rangka mempromosikan film Indonesia dan membuktikan bahwa Indonesia memiliki industri perfilman yang berkembang dan sutradara yang berbakat. Tentunya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan mutual understanding dan people connectivity antar negara.

Masyarakat Indonesia di luar negeri sangat antusias dengan pemutaran film ini terutama untuk mengobati mengobati rasa kangen menonton film Indonesia. Selain itu, alur cerita Kartini, yang dikemas dengan apik, menambah suasana haru para penonton. Betapa gigihnya perjuangan Kartini pada masa itu untuk memperjuangkan kesetaraan perempuan.

Setelah pemutaran film, Hanung berkesempatan untuk diskusi interaktif dengan para penonton. Mereka sangat mengapresiasi hasil karya Sutradara Hanung dalam menceritakan sejarah perjuangan Kartini yang dikemas kental dengan budaya Jawa sekaligus mendobrak tradisi saat itu di mana masih terdapat diskriminasi bagi perempuan dalam mendapatkan hak pendidikan. Sutradara Hanung berpesan agar Kartini tidak hanya diperingati setiap tahun tetapi setiap hari kepada seluruh perempuan Indonesia.

Di sela-sela acara, Hanung berkesempatan bertemu dengan Direktur Rice Cinema dan Houston Cinema Art Society guna menjajaki peluang kerja sama di bidang perfilman. Salah satu keunggulan perfilman di Houston yaitu, NASA Cine Space International Film Festival, suatu ajang festival film singkat (maksimal 10 menit). Bahkan peluang Rice Cinema atau NASA Cine Space untuk public lecture dan membuat film di Indonesia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button