EconomicHeadline NewsTransportation

Gantikan Ari Askhara, Irfan Setiaputra Ditunjuk Sebagai Dirut Baru Garuda

Siapa pengganti I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia (Persero) akhirnya terjawab. Rabu pagi (22/1/2020), Perusahaan penerbangan berplat merah itu, menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk memilih dan menetapkan pengganti Ari.

RUPSLB akhirnya menetapkan Irfan Setiaputra untuk memimpin Garuda Indonesia. Irfan Setiaputra, alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) yang sebelumnya pernah memimpin PT INTI (Persero).

Karir Irfan bisa dibilang lumayan cemerlang dan banyak dilakukan di luar lingkungan BUMN. Dia menjabat di PT INTI hanya selama 3 tahun dan 5 bulan sejak Maret 2009 hingga Juli 2012, diangkat oleh Sofyan Djalil dan berhenti di masa Dahlan Iskan.

Seperti diketahui, posisi dirut Garuda kosong sejak Desember lalu. Kekosongan terjadi setelah Menteri BUMN Erick Thohir memecat. Ari Askhara

Ari dipecat karena didiuga terbukti menyelundupkan motor Harley-Davidson melalui pesawat Airbus A330-900. Motor itu dipesan Ari lewat pegawainya.

Ia diduga  memerintahkan pegawainya untuk mencarikan sepeda motor Harley Davidson sejak 2018 lalu. Transaksi pembelian dilakukan pada April 2019 melalui rekening pribadi bagian keuangan Garuda di Amsterdam. Barang itu akhirnya dibawa ke Indonesia atas nama salah satu pegawainya yang berinisial SAS.

Pesawat yang mengangkut Harley Davidson tersebut mendarat di Garuda Maintenance Facilities (GMF) pada 17 November lalu. Setelah itu, DJBC pun melakukan pemeriksaan terhadap pesawat itu.

Tak hanya Irfan, RUPSLB juga menetapkan Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama. Triawan pernah menjabat sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di periode pertama kepemimpinan Presiden Jokowi. Triawan tak sendiri, ia didampingi Chairul Tanjung yang ditetapkan dalam RUPSLB ini, sebagai komisaris utama dan Elisa Lumbatoruan dan Yenny Wahid menjadi komisaris independen.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close