LifestyleTechnology

Google Akan ‘Obati’ Kecanduan Smartphone

Google sedang mengembangkan sebuah teknologi yang akan melepaskan ‘kecanduan’ manusia terhadap gadget. Fitur ini akan membatasi durasi berapa lama manusia menggunakan gadget mereka.

Menurut kabar yang beredar, fitur ini akan diluncurkan berbarengan dengan keluarnya Android P yang namanya belum diumumkan ke publik. Pembuatan fitur ini pertama kali disinggung oleh CEO Google, Sundar Pichai pada pembukaan Google I/O di Silicon Valley.

Dilansir dari Busineess Insider Singapore, fitur ini juga bisa otomatis menonaktifkan smartphone jika sudah memasuki batas waktu yang sudah ditentukan untuk berhenti ‘bermain’ smartphone.

Selain itu, The Telegraph menuliskan beberapa highlight fitur menghilangkan kecanduan smartphone, seperti:

Wind Down Mode. Saat memasuki jam tidur, layar ponsel akan otomatis berubah warna menjadi abu-abu. Meskipun ponsel masih bisa digunakan, penggunaannya akan berkurang. Menurut penelitian menunjukkan, manusia lebih senang bermain smartphone karena warna warni di layar. Jika warna layar berubah abu-abu, penggunaan smartphone akan berkurang.

Shush. Hanya tinggal membalikan layar ponsel ke bawah, pengguna bisa mengaktifkan fitur “do not disturb” atau jangan ganggu. Fitur ini akan otomatis mematikan nada dering, getaran, dan bentuk notifikasi lain.

Time spent. Akan ada sebuah dashboard yang menunjukkan berapa lama pemakaian smartphone kita dalam periode tertentu. Cara kerjanya adalah dengan merangkum berapa kali pengguna menekan tombol kunci layar, berapa lama pengguna menatap layar ponsel, dan berapa lama menggunakan aplikasi-aplikasi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button