AccommodationTransportation

GRAB Tolak 3 Aturan Yang Ditetapkan Pemerintah

Penyedia aplikasi transportasi online Grab mengaku keberatan atas tiga aturan yang ditetapkan Pemerintah. Aturan itu telah resmi tertuang dalam revisi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 32/2016.

Ketiga aturan yang menurut Grab menghambat bisnisnya yakni ikut campur pemerintah dalam menetapkan harga untuk transportasi online. Managing Director Grab Indonesia Ridzky Kramadibrata mengatakan penetapan harga dari pemerintah ini membuat grab kehilangan pelanggannya, karena pelanggan akan rugi untuk membayar tarif tinggi yang telah ditetapkan pemerintah. Tarif yang diberlakukan Grab adalah jawaban dari kebutuhan pelanggan dan strategi marketing Grab dalam menggaet konsumen.

“Kami yakin bahwa penetapan harga yang fleksibel menjawab kebutuhan pasar dan merupakan pendekatan yang paling efisien,” ujar Ridzky dalam jumpa persnya di Jakarta, jumat, 17 Maret 2017.

Point kedua yang memberatkan grab adalah mengenai poin kewenangan Pemerintah menentukan jumlah armada. Poin ini dinilai cenderung bersifat monopoli, memangkas hak masyarakat menikmati layanan angkutan online dan berimbas pada terbatasnya jumlah pengemudi atau mitra Grab.

“Kuota kendaraan mengarah pada monopoli dan membatasi jumlah konsumen yang dapat menikmati layanan seperti Grab. Lebih jauh lagi, pembatasan ini akan mempengaruhi kesejahteraan ratusan ribu mitra pengemudi dan keluarganya di platform kami,” jelas Ridzky.

Untuk point terakhir yakni merubah STNK mitra grab menjadi badan hukum membuat bertentangan dengan prinsip ekonomi kerakyatan dan prinsip koperasi. Menurut Ridzki hal ini merampas kesempatan mitra grab untuk memiliki mobil sendiri dan memberikan hak atas aset pribadi mereka ke pihak koperasi.

Tiga aturan ini merupakan bagian dari 11 aturan yang diterbitkan kemenhub. Diluar tiga itu diantaranya tentang aturan kapasitas silinder mesin kendaraan, batas tarif angkutan sewa, pengujian berkala atau KIR dan pajak.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close