Sports

Grup B SEA Games 2017, Timor Leste vs Indonesia 0-1

Timnas Indonesia menang 1-0 atas Timor Leste dalam laga lanjutan penyisihan SEA Games 2017 di Stadion Majlis Perbandaraan Selayang, Selangor, Malaysia Ahad (20/8) sore WIB. Indonesia unggul berkat gol pemain asal Tanah Papua, Marinus Manewar pada menit ke-21. Atas kemenangan ini, Indonesia mengumpulkan tujuh angka dari tiga pertandingan.

Jalannnya Pertandingan

Pasukan Garuda Muda langsung tancap gas sejak menit pertama. Para pemain berusaha mengejar gol secepat mungkin demi mengamankan tiga angka penuh. Namun, sentuhan permainan tak jua terbentuk dalam 15 menit pertama. Operan-operan antarpemain masih belum tertata dengan baik. Begitu pula dengan Timor Leste. Bentuk permainan mantan saudara senegara Indonesia ini masih kacau.

Hingga akhirnya Indonesia mulai mendapatkan sentuhan permainan jelang menit ke-20. Hal itu ditandai dengan hampir bergetarnya gawang Timor Leste saat Osvaldo Haay melakukan sundulan pada menit ke-19.

Peluang ini lahir dari umpan silang melambung dari sisi kanan lewat Gavin Kwan. Sayang, tandukkan Osvaldo masih melaju tipis di atas mistar gawang lawan. Tak lama, tepatnya dua menit kemudian, Indonesia bisa unggul 1-0 lewat gol yang lahir melalui proses sama dengan peluang sebelumnya.

Kali ini, umpan dilepaskan oleh Septian David Maulana. Bola melambung tajam menuju mulut gawang Timor Leste. Di sana, ada Marinus yang menanduk bola tanpa bisa dihalau oleh kiper lawan, Fagio. Pada menit ke-27, skor nyaris berubah menjadi 1-1 setelah Timor Leste mendapatkan peluang di depan kotak penalti.

Namun, tembakan striker Timor Leste, Danilson bisa ditepis kiper Indonesia, Kartika Kurnia Adji keluar lapangan. Indonesia pun mampu mempertahankan keunggulan dan menutup babak pertama dengan skor 1-0.

Pada babak kedua, Indonesia langsung bergerak cepat memburu gol selanjutnya. Peluang pun muncul pada menit ke-49. Marinus menggocek bola di dalam kotak penalti untuk kemudian menembaknya dengan kaki kanan. Marinus lalu melepaskan tembakan. Namun hasil usahanya masih melenceng tipis di sisi atas kiri gawang Timor Leste.

Menit 54, Marinus kembali membuka kans bagi Indonesia untuk mencetak gol. Pemain milik Persipura Jayapura ini mampu menggiring bola di sebelah kiri pertahanan Timor Leste. Berhadapan satu lawan satu dengan bek Timor Lester, Filipe, Marinus sukses memenangkan duel dan mendekati kotak 16 lawan.

Ia lalu mengirim umpan mendatar ke mulut gawang yang sudah ada Febri Haryadi menunggu, sayang, Fagio mampu memotong bola. Si kulit bundar sempat mengarah ke Osvaldo. Dengan cekatan Osvaldo menembak bola, namun belum menemui sasaran dan hanya menghasilkan tendangan gawang untuk Timor Leste.

Pada menit ke, 62, Osvaldo kembali mendapat peluang. Kali ini dari umpan lambung tarik yang dilepaskan Febri Haryadi di sayap kiri. Sayang, Osvaldo yang sudah berdiri bebas tidak bisa menanduk bola dengan sempurna di depan mulut gawang lawan.

Jelang delapan menit laga selesai, pemain pengganti timnas Indonesia, Saddil Ramdani mendapat bola yang diberikan oleh Marinus di depan kotak 16. Namun bola kembali enggan masuk. Tembakan kencang kaki kiri Saddil masih bisa ditepis kiper lalu membentur mistar. Di sisa laga hingga menit akhir, Indonesia terus ditekan oleh Timor Leste. Berkali-kali tembakan dilepas oleh lawan.

Tensi laga yang terus meningkat membuat suhu pertandingan kian panas. Permainan keras yang Timor Leste tunjukkan sejak awal laga akhirnya mencapai puncak jelang beberapa menit laga selesai. Keributan sempat terjadi yang membuat beberapa pemain Indonesia terkapar. Wasit yang memimpin laga pun mengganjar bek Timor Leste Felipe Olivera dengan kartu merah.

Beruntung, konsentrasi tim Merah Putih bisa tetap terjaga hingga akhir laga. Kemenangan 1-0 pun bisa diamankan dan Indonesia meraup tiga angka. Pada laga selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Vietnam.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button