DestinationInvestmentTransportation

Gubernur Sumatera Utara Resmikan Jalan Tol Tanjung Morawa – Parbarakan

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi meresmikan operasional ruas jalan Tol Medan – Kualanamu – Tebingtinggi, Seksi 1 Tanjung Morawa-Parbarakan sepanjang 10,75 Km, pada hari Senin (11/6).

Peresmian ruas jalan tol ini merupakan hadiah Lebaran bagi masyarakat Sumatera Utara (Sumut). Masyarakat dapat menikmati ruas jalan tol tersebut secara gratis selama H-5 sampai H+5 Lebaran.

“Selama uji coba jalan tol ini akan diberikan gratis. Ini merupakan hadiah Lebaran yang indah bagi masyarakat Sumater Utara yang memanfaatkan jalan tol ini,” kata Gubernur Sumatera Utara, Erry Nuradi kepada wartawan.

Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubsu Erry Nuradi yang didampingi Dirut PT Jasa Marga Kualanamu Tol Ir Agus Suharjanto, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) – II Medan, Paul Ames Halomoan Siahaan dan Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Setdaprovsu, Ibnu Sri Hutomo.

Pengoperasian Jalan Tol Tanjung Morawa – Parbarakan diharapkan dapat memperlancar arus mudik Lebaran tahun ini. Pasalnya Tol Tanjung Morawa – Parbarakan melengkapi Seksi 2-6 Kualanamu – Sei Rampah sepanjang 41,6 km.

Selain itu, menurut Erry Nuradi, dengan dibukanya Tol Tanjung Morawa – Parbarakan ini masyarakat yang akan menggunakan jalan tol menuju Kualanamu telah memiliki pilihan.

“Tidak harus keluar dulu dari tol Tanjung-Morawa, melainkan bisa langsung ke Kualanamu,” ungkap Erry.

Dirut PT Jasa Marga Kualanamu Jalan Tol, Agus Suharjanto mengatakan dengan difungsikannya tol Tanjung Morawa – Parbarakan sepanjang 10,75 kilometer ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk arus mudik maupun arus balik.

“Karena biasanya padat-padatnya pada kondisi itu,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, Jasa Marga selama arus mudik dan arus balik telah mempersiapkan kendaraan patroli dan ambulans, serta semua sarana penunjang.

“Sehingga diharapkan dapat memperlancar masyarakat dalam melaksanakan mudik maupun balik dalam rangka liburan,” katanya.

Agus menyampaikan, bahwa selama arus mudik dan arus balik mudik Lebaran, Tol Tanjung Morawa-Parbarakan ini belum dikenakan tarif.

“Khususnya Tol Tanjung Morawa-Parbarakan ini, H-5 sampai H+5 Lebaran belum dikenakan tarif. Dan selanjutnya tarifnya sama dengan Kualanamu-Sei Rampah,” ungkapnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close