Culinary TourismCultureDestinationHeadline NewsTourism

Gus Ipul Ajak Masyarakat Situbondo Minum Kopi Luwak Kayumas

Ada yang berbeda di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur pada hari Senin, 11 September 2017, yang banyak berkumpul warga Situbondo dan  sejumlah pejabat tinggi.  Para pejabat yang hadir yakni Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, Bupati Kabupaten Situbondo,  H. Dadang Wigiarto, S.H , beserta Ibu Bupati Hj. Ummi Kulsum, S.H , Wakil Bupati Kabupaten Situbondo beserta Ibu Wakil Bupati Hj. Sri Susilowati, S.E, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Mereka berkumpul di Pendopo untuk meminum kopi khas Situbondo yaitu Kopi Luwak Kayumas dengan tajuk “Ngopi Bareng Gus Ipul”.  Acara yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo ini dalam rangka HARJAKASI (Hari Jadi Kota Situbondo) yang ke-199. Selain itu, acara ini digelar untuk mempromosikan kopi juga memperkuat kecintaan dengan kopi dalam negeri.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf yakin Kopi Kayumas Situbondo, akan menjadi produk andalan Jawa Timur. Kopi Kayumas Situbondo akan menjadi raja kopi dunia. Pasalnya, karena sudah terbukti pernah menjadi juara 1 kopi terbaik dunia.

“Kopi Kayumas Kabupaten Situbondo akan merajai kopi dunia karena kopi Kayumas sudah terbukti terpilih sebagai juara I kopi dunia,” kata Sifullah yang akrab disapa Gus Ipul ini.

Dia menilai potensi kopi yang ada di Situbondo sudah dikenal dunia. Hal itu akan menjadi produk andalan Jawa Timur dan menguasai pasar nasional dan dunia.

“Saya menyambut baik kopi Kayumas Situbondo, saya percaya kopi Kayumas ini akan menguasai pasar nasional dan dunia pada tahun mendatang,” tambah Gus Ipul.

Perkembangan kopi memang tidak mulus, tambah Gus Ipul, namun akhir-akhir ini perkembangannya sangat bagus khususnya kopi dari Jawa Timur. Seperti di sepanjang wilayah selatan mulai dari malang sampai Banyuwangi itu kopinya dikenal dengan nama Java Kopi. Dan sekarang ditambah satu lagi kopi dengan nama kopi kayu mas yang berasal dari Situbondo, saya sangat percaya kalau kopi ini akan merajai kopi-kopi di masa mendatang. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Selain minum kopi Gus Ipul juga ikut nyangnggar kopi (goreng kopi) bersama 266 peserta lomba goreng kopi arabika Kayumas Selain itu, Gus Ipul juga langsung berdialog dengan para peserta lomba.

Gus Ipul mengatakan bahwa, kegiatan lomba goreng kopi, lomba pemilihan ratu kopi dan ngopi bareng kopi Kayumas ini merupakan kegiatan yang patut mendapat apresiasi dari semua pihak. Karena kopi Kayumas merupakan salah satu kopi terbaik di Dunia. Diacara ini juga digelar lomba Duta Putri Kopi Situbondo.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button