DestinationHeadline NewsSportsTourism

Indofood Ironman 70.3 Bintan Siap Digelar Lebih Meriah

Kementrian Pariwisata mendukung ajang olahraga manusia kuat Ironman 70.3 yang akan kembali digelar di Pulau Bintan, Kepulauan Riau pada 20 Agustus 2017 mendatang. 16 atlet elite dan 1.200 atlet amatir atau rekreasional baik lokal dan mancanegara akan meramaikan lomba tahunan yang sudah ke-3 kali diselenggarakan.

Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana mengatakan tingkat kepuasan peserta akan lomba ini sebesar 95% pada tahun 2016 lalu, dan juga sebagai pemegang posisi ke-3 Ironman 70.3 terbaik dunia setelah Jerman dan Perancis, event ini adalah salah satu event dari seri dunia yang paling pesat perkembangannya, yaitu sekitar 60% sejak debut pertamanya pada tahun 2015.

“Ironman Indonesia sudah berhasil masuk di peringkat ke 3 dari 80 gelaran Ironman di dunia. Tingkat kesulitan yang ditawarkan oleh medan perlombaan yang ada Bintan sangat ideal, sehingga membuat peserta merasa tertantang. Hutan, lagoon, pantai dan rumah-rumah masyarakat menjadi obstacles dan pemandangan para peserta,” ujar Pitana seusai jumpa pers Indofood Ironman 70.3 2017 di Crumble Crew Restaurant, Senopati, Jakarta, Rabu (12/7).

Pitana juga memaparkan mengatakan terpilihnya kembali Bintan sebagai lokasi ajang Ironman 70.3, berkat kerjasama dengan MetaSport, yang dinilai semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia.

“MetaSport memiliki standard penyelenggaraan sangat ketat dan berkelas International. Tekanan darah diukur, berat sepeda diukur, wisman suka seperti itu. Mudah-mudahan banyaknya event olahraga internasional digelar di Bintan tahun ini akan mendongkrak pariwisata great Batam/Bintan,” katanya.

Sementara itu, dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira mengatakan, hingga saat ini, telah terdaftar atlet dari 42 negara di IRONMAN 70.3 Bintan 2017. Beberapa di antaranya datang dengan harapan memenangkan satu di antara 30 slot yang ditawarkan, untuk mengikuti Ironman 70.3 World Championships 2018 di Afrika Selatan tahun depan.

“Hingga saat ini peserta yang sudah mendaftar mencapai 1.200 peserta. Target kami 1.400 peserta hingga Agustus. Wisatawan mancanegara yang sudah mendaftar paling banyak ada dari Singapura, Filipina, Australia dan Jepang. Mereka berlomba untuk mendapatkan point, untuk bisa berlomba di Afrika Selatan,” ujar Luki.

Pada event Ironman kali ini, Luki berharap bisa mendatangkan wisman lebih banyak, dan nama Bintan makin tersohor diseluruh penjuru dunia.

“Jumlah kunjungan wisman pada 2016 mencapai 2.004.000 wisman, atau 17% dari total wisman yang datang ke Indonesia. Karena itu kami mengundang kawan-kawan untuk mempublikasi acara ini, karena event ini memiliki media value-nya tinggi. Sehingga atlet-atlet di Indonesia tau dan ikut. Sehingga expose-nya luar biasa,” katanya.

Rute lomba akan membawa para triathlon ke perjalanan yang luar biasa di Pulau Bintan. Rute sepeda dan renang di ajang ini, yang dipilih sebagai the best long course di Asia pada 2016 oleh Asia Tri, tetap sama dengan tahun sebelumnya. Namun untuk rute lari,tahun ini telah dirancang ulang oleh MetaSport selaku penyelenggara lomba, supaya lebih menarik lagi bagi para triathlon.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button