GamesLifestyleTechnology

Industri Esport Sedang Berkembang, Garena Indonesia Akan Gelar Turnamen Major Series Call of Duty Mobile

Garena Indonesia bakal menggelar turnamen Esport bertajuk Major Series 2019. Kali ini, kategori yang dipertandingkan adalah Call of Duty Mobile (CODM). Berkembangnya industri Esport Indonesia menjadi alasan Garena menggelar turnamen tersebut.

Produser game CODM, Edmundo Swidoyono mengatakan, pertandingan CODM akan diawali dengan babak kualifikasi secara online terlebih dulu. Ada dua fase kualifikasi yang dilakukan, pertama pada 12-16 November 2019, sedangkan fase kedua pada 19-23 November.

Tahap kualifikasi akan dilakukan secara online dan pertandingannya terbagi menjadi dua fase. Fase pertama (qualification I) akan digelar pada 12-16 November, sedangkan fase kedua (qualification II) pada 19-23 November.

Pemain yang sudah terdaftar akan dijadwalkan untuk bertanding pada salah satu dari kedua fase tersebut. Total 4 tim (2 tim dari setia fase) akan melanjutkan pertandingan ke tahap final Major Series pada 14 Desember 2019.

“Antusiasme para pemain terhadap CODM sangat tinggi. Bahkan ada yang mengadakan uji coba sebelum turnamen digelar,” kata Edmundo saat mengumumkan digelarnya turnamen CODM di Jakarta, Senin (4/11/2019).

Image result for turnamen major call of duty indonesia"

Turut hadir pada acara itu, antara lain pemain tim Evos, Kevin Firmansyah, pemain tim Boom, George Andika, pelatih tim RRQ Endeavour, Yulius “Nextjacks” dan Headmaster ggwp.id, Henov Iqbal Assidiq.

Sekadar diketahui, CODM merupakan permainan bergenre first person shooter dan masing-masing tim diperkuat lima orang. Sejak diluncurkan pada 1 Oktober 2019, permainan online ini menjadi mobile game yang paling diminati.

Edmundo menuturkan, untuk saat ini skala kejuaraan baru nasional. Sebab pihaknya ingin menjawab permintaan pemain agar CODM dibuat liga resmi. Namun ke depan Garena juga berencana menjadikan pertandingan CODM ke level internasional.

“Skala internasional, saat ini belum. Nanti akan kami umumkan lagi,” terangnya.

Menurut dia, digelarnya turnamen Major Series 2019 sekaligus untuk merangkul peminat esport yang diakuinya sedang booming dalam dua tahun terakhir.

“Ini salah satu cara kami merangkul mereka. Kami akan terus menggaet segmen esport agar lebih kompetitif ke depannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Wijaya Nugroho selaku Esport Manager Garena Indonesia menambahkan bahwa perkembangan tren e-sport dapat terlihat dari tingginya antusias pemain dan penonton kala pertandingan. Ia bilang pertumbuhan penonton mencapai 100% hingga 200% melalui web streaming.

Dari pemainnya sendiri, juga signifikan. Sebagai gambaran, gim CODM yang baru rilis sebulan lalu dari paltform playstore saja tercatat sudah diunduh lebih dari 1 juta. Tak heran, berdasarkan data Newzoo pendapatan industri gim Indonesia tahun lalu tercatat sebesar US$ 879,7 juta atau sekitar Rp 13 triliun tahun lalu.

Untuk kalian para soldiers (sebutan untuk pemain Call of Duty Mobile) yang ingin berpartisipasi bisa mendaftar untuk tahap kualifikasi melalui https://majorseries.codm.garena.co.id pada 4-5 November 2019.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close