Lifestyle

Inovasi Kopi Kesehatan Berbahan Biji Salak

Ternyata biji salak bisa di olah menjadi bubuk kopi dan juga bisa diseduh selayaknya kopi pada umunya tak ada kandungan cafein membuat kopi biji salak menjadi minuman alternatif untuk para penderita hipertensi dan diabetes yang memang tidak disarankan meminum ber kafein.

Melimpahnya biji salak di Boyolali, Jawa Tengah dimanfaatkan seorang warga untuk diolah menjadi bubuk kopi. Tidak adanya kandungan kafein dalam kopi biji salak ini menjadi alternatif bagi penderita hipertensi dan diabetes.

Kopi sehat ini di oleh seorang Sertu Putut Tetuko yang juga seorang anggota TNI aktif di Kodim 072 Boyolali ini menggunakan kopi biji salak untuk untuk pengobatan diabetes yang dideritanya sembuh dari penyakitnya TNI berpangkat Sersan 1 ini pun mengembangkan dan melalukan penelitian lanjut terhadap khasiat kopi biji salak.

Ternyata kopi biji salak juga bisa menjadi obat bagi penderita hipertensi dan asam urat saat ini banyak pasien pengunjung yang datang kerumah sertu putut tetuko  untuk menikmati kopi biji salak hasil ramuan nya.

“saya buat seperti kopi karena ini murni dari biji salak saya ber inspirasi bahwa ibu saya terkena penyakit diabetes dan alhamdulillah ibu saya sembuh dengan mengkomsumsi kopi biji salak ini”

Cara pembuatan kopi biji salak ini sangat sederhana setelah di bersihkan dan dikeringkan dibawah panas sinar matahari setiap butiran biji salak kemudian dipotong potong disangrai di atas bara api selama kurang lebih 2 jam, selanjutnya biji salak tinggal di lembutkan dengan mesin giling menjadi serbuk halus seperti bentuk kopi pada umumya untuk mengkomsumsinya perlu di tambah gula agar terasa manis dan mengeluarkan aroma khas kopi biji salak.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close