Life Style

Jangan Disepelekan, Ini 5 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu setelah sebulan penuh berpuasa. Bagi sebagian orang, memilih untuk mudik ke kampung halaman saat libur lebaran. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan banyak hal agar mudik menjadi aman dan nyaman.

Simak ulasan berikut mengenai tips mudik lebaran yang mesti kamu lakukan.

Periksa Tiket Perjalanan dan Kondisi Kendaraan

Sumber Foto: Freepik

Bagi sebagian orang ada yang memilih mudik menggunakan transportasi umum, namun ada juga yang memakai kendaraan pribadi.

Untuk yang menggunakan transportasi umum, pastikan tiket telah didapatkan jauh-jauh hari. Hal ini meminimalisir tiket terjual habis atau adanya kenaikan harga tiket. Jangan lupa untuk menjaga barang-barang bawaan di manapun tempatnya.

Bila menggunakan kendaraan pribadi, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu kondisi kendaraan, apakah layak dan siap untuk dibawa mudik atau perlu perbaikan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan GPS untuk mengecek kemacetan maupun jalan alternatif.

Bawa Makanan dan Minuman

Sumber Foto: Freepik

Pastikan untuk membawa makanan dan minuman yang cukup selama di perjalanan, terlebih bila kamu tidak menemukan restoran atau rest area untuk membeli makanan dan minuman. Kamu bisa menyiapkan makanan ringan hingga agak berat untuk mengganjal perut hingga menemukan rest area.

Bawa Obat-obatan

Sumber Foto: Freepik

Ketika mudik, pastinya membuat tubuh lelah, apalagi bila harus berjibaku dengan kemacetan yang tiada henti. Maka dari itu, kamu mesti menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bisa bertemu dengan keluarga di kampung dengan selamat.

Meski kamu merasa tubuh sehat, tetap jangan melupakan membawa obat-obatan. Ini bisa menjadi penyelamat bila di tengah jalan tubuh kamu drop.

Istirahat Sebentar jika Lelah

Sumber Foto: Freepik/KamranAydinov

Tak jarang ada berita kecelakaan lalu lintas karena pengemudi mengantuk atau lelah ketika berkendara. Maka dari itu, bila dirasa tubuh sudah lelah, segera cari tempat untuk menepi seperti di rest area untuk beristirahat sejenak sebelum kembali mengemudi.

Perlu diingat, kesehatan dan keselamatan penting ketika mudik, bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk keselamatan orang lain.

Siapkan Pulsa dan Powerbank

Sumber Foto: Freepik/xb100

Walaupun kuota internet dan baterai ponsel masih banyak, tetapi kamu mesti menyiapkan pulsa dan powerbank untuk berjaga-jaga bila kehabisan internet dan baterai. Dengan begitu, kamu masih tetap bisa mengabari keluarga dan tidak kebingungan jika terjadi sesuatu yang darurat.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button