Headline News

Jelang Libur Nataru, Jasa Marga Benahi Pelayanan Tol dan Rest Area

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division, melakukan persiapan layanan operasional menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2021 yang dimulai sejak tanggal 23 Desember 2020 sampai dengan 3 Januari 2021.

Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division mengelola Ruas Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Prof. Dr. Ir. Soedijatmo, Cawang-Tomang-Pluit, JORR Seksi E & W2S, Ulujami-Pondok Aren serta Cipularang dan Padaleunyi.

Mereka mengoptimalkan seluruh bidang layanan operasional jalan tol yang meliputi layanan transaksi, lalu lintas, konstruksi dan tempat istirahat dengan tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19 guna mewujudkan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan.

Dalam bidang layanan transaksi, JMT melakukan pengoperasian 116 gerbang tol secara optimal, penyiagaan personil untuk membantu tapping dan mengoperasikan mobile reader jika terjadi antrean serta memastikan seluruh peralatan tol berfungsi baik selama 24 jam.

Untuk bidang Layanan Lalu Lintas, JMT telah menyiapkan 39 unit kendaraan Mobile Customer Service, menyiagakan 14 unit ambulance dan 11 unit kendaraan rescue di seluruh Ruas JMT.

Untuk pemantauan kondisi lalu lintas, JMT telah mempersiapkan 511 unit CCTV dan 145 unit Variable Message Sign (VMS), 8 unit VMS Mobile dan 12 unit Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS) untuk mempercepat penyampaian informasi kepada pengguna jalan.

Di samping itu juga, untuk melakukan upaya percepatan penanganan gangguan di lajur, JMT telah berkoordinasi dengan Kepolisian untuk menyiapkan langkah antisipatif terhadap kepadatan lalu lintas yang terjadi.

Beberapa rekayasa lalu lintas secara situasional di beberapa titik lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan antara lain:

Pada ruas Jagorawi dilakukan rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi penutupan jalur puncak atas diskresi Kepolisian mulai 31 Desember 2020 pukul 18.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2021 pukul 06.00 WIB, dengan menerapkan Contra Flow sejak pukul 06.00 WIB pada KM 44+600 hingga KM 46+400 sehingga lajur utama arah Ciawi dan Sukabumi diharapkan tidak terhambat.

Kemudian pada ruas Dalam Kota, jika terjadi kepadatan lalu lintas dari arah Dalam Kota (Cawang) menuju Ruas Tol Jakarta-Cikampek dengan kondisi antrian telah mencapai Simpang Susun Cawang, maka pengguna jalan akan diarahkan untuk mengambil jalur alternatif menuju arah Ruas Tol JORR atau menggunakan arteri.

Pada ruas Purbaleunyi, jika terjadi kepadatan kendaraan pada Gerbang Tol (GT) Pasteur arah Bandung (Padaleunyi), maka lalu lintas akan dialihkan melalui GT Baros atau GT Pasirkoja. (OL-4)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close