Culture

Jelang Nyepi, Umat Hindu Makassar Gelar Festival Bali di Pura Giri Natha

Dalam rangka memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942, Umat Hindu di Kota Makassar menggelar Festival Bali di Pelataran Pura Giri Natha Makassar, Minggu (15/3/2020).

Festival Bali ini diisi berbagai acara, diantaranya lomba memasak lawar dan sate lilit, jajanan Bali, donor darah serta beberapa hiburan lainnya.

Salah satu menarik dari Festival Banjar tersebut, adalah lomba masak berbagai macam kuliner khas Bali yang disuguhkan secara tradisional dan dipastikan hanya bisa ditemui di Bali, dimana semua peserta masaknya adalah laki-laki. Sedangkan peserta perempuan hanya mengikuti lomba membuat kue tradisional Bali.

Ketua Prisada Hindu Dharma Indonesia PHDI Kota Makassar, I Dewa Mahendra,  mengatakan, festival ini baru pertama kali diadakan di Kota Makassar.

“Hari ini kita melaksnakan puncak festival Banjar, ini pertama kali  kita lakukan di Kota Makssar. moment untuk melestarikan  budaya Bali khusunya di bidang kuliner,” ujarnya.

Dewa menambahkan, festival ini sekaligus untuk mempererat silaturahmi bagi warga Hindu.

“Inti dari kegiatan ini adalah bersilaturahim antara warga Hindu kota makassar serta masyarakat lainnya.” Tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Makassar, Rosmayani Majid, sangat mengapresiasi Festival Banjar yang digelar pertama kalinya di Makassar.

“Pemerintah Kota Makassar melalui dinas pariwisata sangat mengapresiasi acara ini, saya harap memalui acara ini masyarakat Bali dapat memperkenalkan kebudayaan Bali serta makanan khas Bali” ujarnya.

Menurut Rosmayani, kegiatan ini sangat diapresiasi baik dan sangat didukung Pemerintah Kota Makassar karena menampilkan ragam kearifan lokal budaya Bali, baik kuliner dan tarian.

“Selain melestarikan budaya Bali di Makassar, kegiatan ini juga bisa menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Makassar. Kami berharap Festival Banjar ini bisa diagendakan tiap tahunnya, dan masuk agenda pariwisata di Makassar,” katanya.

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close