Headline News

Joe Biden Ucapkan Selamat kepada Prabowo Subianto sebagai Pemenang Pilpres 2024


Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, secara resmi mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden pemenang versi hitung cepat dalam Pilpres 2024. Dalam surat yang berkop resmi dari Gedung Putih, Washington, Biden juga menggarisbawahi pentingnya stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

Surat ucapan selamat tersebut, yang tertanggal 12 Maret 2024, disampaikan langsung kepada Prabowo oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN, Yohannes Abraham, pada Kamis (14/3/2024).

“Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat Indonesia atas keberhasilan pemilu – sebuah bukti komitmen kita bersama terhadap demokrasi – dan kepada Anda atas keunggulan Anda dalam penghitungan suara pemilihan presiden. Saya menantikan pengumuman hasil resminya,” ujar Biden dalam surat tersebut.

Biden juga menegaskan bahwa selama 75 tahun terakhir, Indonesia dan Amerika Serikat telah semakin terikat oleh nilai-nilai bersama serta visi demokrasi dan pluralistik bagi dunia. Dia menambahkan, “Bersama-sama, kita juga telah menjaga stabilitas internasional, termasuk mewujudkan masa depan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman.”

Dalam suratnya, Biden juga menyoroti peran Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI saat ini yang dianggapnya sangat penting dalam mewujudkan masa depan Indo-Pasifik. Biden berharap Indonesia dan Amerika Serikat dapat memperkuat hubungan serta menjajaki bidang kerja sama baru.

Menutup suratnya, Biden menekankan bahwa ketika Indonesia dan Amerika Serikat bersatu, kedua negara akan menjadi lebih kuat dan dunia akan menjadi lebih aman. Dia juga menyampaikan doa terbaiknya untuk Prabowo.

Sementara itu, Prabowo, melalui akun Instagram pribadinya, menyatakan rasa terhormat atas ucapan selamat yang diterimanya dari Biden. Prabowo juga menegaskan komitmennya untuk memperkuat ikatan antara Indonesia dan Amerika Serikat.

“Kami tetap berkomitmen untuk memperkuat ikatan historis antara kedua negara melalui kerja sama lebih lanjut, sembari terus merayakan persahabatan yang terjalin antara Indonesia dan Amerika Serikat selama lebih dari 75 tahun,” kata Prabowo.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button