BusinessEconomicHeadline News

Jokowi Minta Diaspora Indonesia Tarik Investor Asing Untuk Sektor Pariwisata

Beberapa delegasi Exco Diaspora Indonesia bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Senin, 3 Juli 2017. Kedatangan para exco Diaspora Indonesia ke Istana, didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Mereka bertemu dengan Jokowi untuk melaporkan hasil Kongres Diaspora ke 4 yang dihadiri Presiden Amerika Serikat ke 44 Barack Obama di Mal Kasablanka, Sabtu, 1 Juli 2017 lalu.

Pertemuan ini dijadikan Jokowi untuk menyampaikan beberapa pesan kepada Diaspora Indonesia., salah satunya soal investasi. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan di hadapan exco Diaspora Indonesia, Jokowi  mengatakan  Indonesia telah mendapatkan predikat yang membanggakan di mata dunia  yakni  predikat layak investasi (Investment Grade), yang diberikan tiga lembaga pemeringkat internasional – Standard & Poors (S&P), Moody’s Investors Service, dan Fitch Ratings  serta Indonesia berhasil  menduduki peringkat ke-empat sebagai negara tujuan investasi yang prospektif 2017-2019.

Menurut Jokowi,   predikat yang disandang Indonesia harus dijadikan peluang oleh Diaspora Indonesia untuk mempromosikan Indonesia  kepada para investor asing. Sektor investasi yang memliki peluang menarik para investor asing adalah sektor pariwisata.

“Juga tidak kalah pentingnya, promosi pariwisata. Jadi tagline Wonderful Indonesia akan dibawa oleh diaspora Indonesia, kemana pun, kapan pun, di mana pun, apa pun, aktivitas yang akan dilakukan,” kata Retno.

Diaspora dinilai memiliki jaringan yang kuat di berbagai negara. Tentu hal ini menjadi potensi bagi Negara ketika ingin meningkatkan investasi.

“Dan setelah kita bicara networking, maka kita juga bicara mengenai connecting the dots, antara satu diaspora dengan diaspora lain. Atau diaspora itu sendiri dengan pemerintah,” ucap Retno seperti yang di sampaikan Jokowi.
“Connecting the dots mean, bagi diaspora dan pemerintah berarti kita bersinergi untuk membangun bangsa. Jadi dua pesan itu yang disampaikan Presiden,” tambah  Retno.

Dalam pertemuan ini, Diaspora Indonesia memberikan penghargaan kepada Jokowi berupa Award for Meritorious Leadership. Penghargaan ini disepakati oleh para ketua Indonesian Diaspora Network Global (IDNG) yang menghadiri Kongres Diaspora Indonesia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button