BusinessEconomicHeadline News

Jokowi Resmikan Jalan Tol Medan-Binjai dan Kualanamu-Binjai

Presiden Joko Widodo, Jumat, 13 Oktober 2017  meresmikan dua ruas jalan tol di Sumatera Utara (Sumut) yakni Jalan Tol Medan-Binjai (Seksi 2-3) sepanjang 10,5km dan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (Seksi 2-6) sepanjang 41,7km. Peresmian ini ditandai dengan penekanan sirine oleh Jokowi. Selain itu, orang nomor satu di Indonesia ini juga menandatangani prasasti.

Dua ruas tol tersebut bagian dari infrastruktur Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) yang masuk dalam proyek nasional prioritas di samping trans-Jawa dan Jabodetabek.

“Dengan mengucapkan bismillah, saya resmikan jalan tol Medan-Tebing Tinggi ruas Kualanamu menuju Sei Rampah dan Jalan Tol Medan-Binjai ruas Medan Helvetia menuju Megawati Binjai,” kata Jokowi seperti dilaporkan Mi’raj News Agency (MINA).

Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 2-3 membentang dari Helvetia hingga Binjai, sementara ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 2-6 bemula dari Parbarakan hingga Sei Rampah.

Jokowi mengatakan, pembangunan jalan tol ini untuk meningkatkan konektivitas, memperlancar distribusiserta menurunkan biaya logistik barang dan jasa. Hal ini diharap dapat menumbuhkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di Sumut.

“Saya harap dengan dibukanya jalan tol ini, biaya pendistribusian barang akan semakin berkurang sehingga harga kebutuhan pokok lebih murah dan rakyat semakin sejahtera. Ini bukan hanya kepentingan satu atau dua orang, tapi untuk kepentingan rakyat,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu, Jokowi didampingi oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono, Sekretarus Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi. Presiden beserta rombongan pun mencoba langsung jalan tol dari lokasi peresmian sampai pintu keluar di Paruh Kemiri, Lubuk Pakam.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button