TechnologyTourism

Jumlah Suara #VoteVideoIndonesia Melambung, Indonesia Tidak Boleh Jumawa

Semangat Indonesia Incorporated terus menggema bagi pariwisata Indonesia. Tidak hanya bersatu untuk pengembangan pariwisata, seluruh stakeholder pariwisata juga bersatu untuk memenangkan Indonesia dalam memenangkan Video Wonderful Indonesia di UNWTO Award. Per Rabu (9/6), pukul 12.00 jumlah suara #VoteVideoIndonesia sudah menembus 45.460 voters.

“Posisi vote Indonesia terus melambung. Per hari ini, Rabu (9/6), pukul 00.00 jumlah voting Indonesia sudah 28.060 vote. Di pagi harinya pukul 06.00 WIB mencapai 30.150 vote. Dan pada siang hari pukul 12:00 WIB mencapai 45.460 voters. Kita tidak boleh jumawa, sebab para pesaing kita juga terus membuntuti,” ujar Staf Khusus Kementerian Pariwisata (Menpar) bidang Teknologi Informasi, Samsriyono Nugroho di Jakarta, Rabu (9/6).

Saat ini, video Wonderful Indonesia memang tengah berkompetisi di nominasi UNWTO Award sebagai Tourism Video Competition. Voting sendiri akan berakhir pada 11 September 2017. Itu artinya, masih ada 4 hari lagi untuk memenangkan pertarungan sebelum voting ditutup 11 September 2017.

“Jadi masih ada sisa waktu empat hari lagi. Masih ada kemungkinan kita tersalip dengan kompetitor lain. Semua warga Indonesia mari bersatu. Saat ini Rumania berada di bawah Indonesia dengan jumlah vote 19.107, Venezuela 8,847, serta di posisi keempat ada Amerika Serikat dengan jumlah vote 8,071,” ujar Samsriyono.

Tagar #VoteVideoIndonesia juga disambut baik oleh industri pariwisata. Kali ini Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) juga mengerahkan seluruh jariangnya di Indonesia untuk menjadikan pariwisata Indonesia berkibar dikancah dunia. Sehingga dampaknya akan sangat terlihat bagi pariwisata.

“Sudah sepantasnya Indonesia bisa unggul atas Rumania. Apalagi jumlah penduduk Indonesia jauh lebih besar dari Rumania. Sudah diinformasikan ke seluruh anggota GIPI untuk bersama-sama mendukung video Indonesia. Tinggal bagaimana saat ini kita bisa memviralkan gerakan bersama memberi vote untuk Indonesia agar sebelum tanggal 11 September nanti, sudah terkumpul vote yang cukup bagi Indonesia untuk bisa menang,” ujar Johnnie Sugiarto, Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi GIPI.

Lantas apa pengaruh kemenangan Indonesia dalam vote ini bagi industri pariwisata di Indonesia? Apakah bisa dirasakan langsung bagi industri pariwisata?

Soal ini, Johnnie punya jawabannya. Ada nada optimisme yang terbangun. Karena baginya, kemenangan Indonesia secara tidak langsung akan mempromosikan destinasi-destinasi yang ada di dalam video tersebut. Terlebih dalam video itu menampilkan berbagai destinasi terbaik, seperti ramang-ramang, Raja Ampat, Air Terjun di Lombok dan masih banyak lagi.

“Semakin banyak gelar kelas dunia yang diraih Indonesia, semakin banyak pula yang akan mengenal Indonesia. Hal tersebut akan berarti promosi cuma-cuma untuk pariwisata Indonesia dan tentu akan berpengaruh bagi para pengusaha dalam industri pariwisata itu,” ujarnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk #VoteVideoIndonesia. Pengguna internet aktif Indonesia juga berada jauh di atas Rumania. Seperti diketahui, Indonesia peringkat 6 pengguna internet terbesar dunia. Sedangkan Rumania tidak melebihi urutan ke 25 besar. Jumlah riilnya mencapai 112 juta. Itu sudah 5 kali dari jumlah penduduk Rumania.

“Kalau kita bersinergi, tidak ada yang bisa mengalahkan Wonderful Indonesia. Kalau mau menang kita harus kompak, solid, dan maju serentak,” kata Arief Yahya.

Bagi yang belum vote, masih ada waktu lima hari lagi. Caranya dijamin mudah dan nggak bikin ribet. “Step-nya hanya empat. Pertama, klik indonesia.travel/vote4id. Setelah itu masukkan nama dan email. Kemudian pilih video favorit Indonesia, lalu submit! Saya sudah coba. Sangat mudah dan nggak butuh waktu lama,” kata Menpar Arief Yahya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button