Eco TourismTourism

Jumlah Wisatawan Yang Berkunjung ke TNUK Bertambah Setiap Tahunnya

Copyright: sinarharapan.co
Copyright: sinarharapan.co

Habitat Badak Jawa yang masih tersisa di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten ternyata masih menarik minat wisatawan. Berdasarkan data, di tahun 2013 jumlah kunjungan wisatawan mencapai 9000, sementara di tahun 2014 jumlah wisatawan mencapai angka 12.000.

Data ini diungkap oleh Amilia, salah satu staf dari Bagian Pelayanan dan Pemanfaatan Wisata Alam TNUK di Serang. Dikutip dari inilah, dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke TNUK, pihaknya melakukan berbagai upaya promosi dan pameran, baik tingkat lokal, regional dan internasional. “Memang kendalanya sarana transportasi. Saat ini kalau menuju Pulau Peucang di TNUK biayanya sekitar Rp2.800.000 per hari untuk sewa kapal. Masih terlalu mahal,” terang dia.

Jumlah populasi badak Jawa (Rhinoceros Sondaicus) sendiri yang sebelumnya diperkirakan berjumlah 60 ekor, berkurang sekitar empat ekor karena mati pada periode 2011 sampai 2014.

Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Mohammad Haryono mengatakan berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan TNUK dengan menggunakan 100 kamera video trap yang dimulai sejak bulan Januari hingga Desember 2014, saat ini total minimum populasi badak jawa berjumlah sekitar 57 ekor yang terdiri dari 31 jantan dan 26 betina.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button