Kapolri: Membangun Keutuhan Pancasila Demi Indonesia Emas

0

Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa Pancasila tetap menjadi pondasi yang kokoh dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Menurut Kapolri, Pancasila bukan hanya sebagai dasar negara, tetapi juga sebagai prinsip yang menginspirasi setiap langkah pembangunan bangsa. Nilai-nilai seperti keadilan sosial, persatuan, dan demokrasi telah membimbing Indonesia dalam membangun peradaban yang inklusif dan berkelanjutan.

“Pancasila adalah dasar negara, dasar filsafat serta ideologi bangsa dan Negara Indonesia. Pada 1 Juni 1945 gagasan dasar negara khususnya Pancasila telah disampaikan dalam pidato Bung Karno pada saat pelaksanaan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI),” kata Kapolri dalam akun instagramnya, Sabtu (1/06/2024).

Kapolri juga menekankan perlunya pemahaman yang mendalam terhadap Pancasila, terutama di kalangan generasi muda. Dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, generasi muda diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang.

Dalam konteks visi Indonesia Emas 2045, Kapolri menegaskan bahwa Pancasila akan terus menjadi kompas dalam mencapai cita-cita besar tersebut.

“Pancasila telah menjadi landasan bangsa Indonesia dalam membangun peradaban selama ini, serta akan selalu menjadi pondasi kuat untuk pembangunan bangsa menuju cita-cita bersama wujudkan Indonesia Emas 2045,” ujar Kapolri.

Dengan demikian, peringatan Hari Pancasila bukan hanya sekadar mengenang sejarah, tetapi juga sebagai momentum untuk merenungkan, menguatkan komitmen, dan memperkuat tekad untuk menjadikan Pancasila sebagai landasan utama dalam setiap langkah pembangunan bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *