Lifestyle

Kegiatan yang dapat menggugurkan kehamilan anda

Vitamin-Masa-Kehamilan

Wanita yang sedang hamil, khususnya hamil anak pertama, perlu mengetahui apa yang boleh dilakukan dan apa saja yang sebaiknya dihindari dan tidak boleh dilakukan. Hamil anak pertama tentu akan sangat awam bagi calon orangtua, terutama si ibu hamil. Perubahan fisik dari yang semula hanya badan sendiri beralih menjadi berbadan dua, alias di dalam perutnya ada calon bayi. Hal ini tentu berkaitan dengan kesehatan dan keselatatan dirinya dan janin yang dikandungnya. Selain mitos atau keyakinan yang berkembang sesuai tradisi yang turun temurun saja, namun juga ada beberapa aktifitas yang memang seharusnya perlu diperhatikan oleh para ibu-ibu hamil, sehubungan dengan kondisinya saat ini yang sedang berbadan dua.

Kafein akan berpengaruh pada hormon stres pada ibu hamil, selain itu kafein juga berpengaruh secara langsung terhadap kadar kalsium tubuh seseorang. Jika ibu hamil tetap mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak maka besar kemungkinan bayi yang dikandungnya memiliki masalah dengan detak jantung yang tidak teratur. Ini tentu bukan masalah sepele. Jadi kKurangi asupan kafein anda selama masa kehamilan berlangsung agar bayi yang dikandung tetap sehat sampai dilahirkan dan terhindar dari segala sesuatu yang tidak kita inginkan. Perlu diketahui, kafein tidak hanya terkandung pada kopi saja. kafein juga dapat dijumpai dalam kandungan teh, beberapa permen, ice cream, coklat, kue, dan biskuit.

Sofdrink/minuman bersoda sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Di dalam minuman bersoda biasanya terkandung asam, gula, fosfat, karbonat, bahan pengawet, dan kafein, yang dapat membahayakan janin. Menurut Dr Yulianti SpOG dari RS Medika Permata Hijau Jakarta, konsumsi minuman bersoda pada wanita hamil dapat beresiko Obesitas yang meningkatkan resiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung ( kardiovaskular). Pada kehamilan, diabetes dapat mempengaruhi berat janin menjadi terlalu besar sehingga sulit lahir. Minuman soda juga berakibat resiko hipertensi pada ibu hamil. Kandungan kafein dalam minuman ringan dapat memicu munculnya hipertensi.

Pada kehamilan, hipertensi dapat menyebabkan pre eklamsia (keracunan kehamilan), bahkan kelahiran prematur. Minuman bersoda juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa gula dapat menghalangi kemampuan tubuh untuk melawan bakteri. Minuman ringan yang mengandung 12 sendok teh gula cukup melemahkan kemampuan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat, yaitu sekitar 60 persen selama lima jam. Dan minuman bersoda mengganggu penyerapan kalsium untuk tulang (menggangu proses pembentukan tulang janin) dan resiko osteoporosis untuk ibu hamil, karena minuman bersoda memiliki tingkat asam fosfat menyebabkan peningkatan asupan fosfor dalam tubuh.

Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga adalah kegiatan yang sangat dianjurkan para dokter, terutama pada ibu hamil. Namun, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi Anda saat ini yang sedang hamil. Olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil tentu olahraga ringan, yang menekankan pada teknik pernapasan dan tidak menggunakan gerakan yang menghentak-hentak, meloncat-loncat, angkat beban maupun lari. Olahraga yang cocok untuk wanita hamil adalah yoga (senam hamil), jalan kaki, renang, sepeda stasioner (sepeda di tempat). Namun perlu diperhatikan kembali dengan kondisi ibu hamil. Jika kondisi tubuh Anda sering merasa mual, lemas dan tidak bertenaga saat sedang berolahraga, sebaiknya segera hentikan kegiatan tersebut. Hal ini justru memperburuk kondisi kesehatan anda dan bayi, jangan terlalu memaksakan diri untuk berolahraga. Lakukan latihan setelah anda benar-benar siap dan memungkinkan. Konsultasilah kepada dokter kandungan Anda olahraga yang sesuai dengan kondisi kehamilan Anda. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close