DestinationHeadline NewsMusicTourism

Keindahan Danau Toba Semakin Bersinar Dengan Alunan Musik Orkestra Asal Spanyol

Kelompok musik, Vinculos, dari Spanyol mendapatkan pengalaman baru ketika menggelar aksi panggung di Danau Toba, Sumatra Utara, sejak 26 Juli hingga 2 Agustus 2017. Grup orkestra beranggotakan 50 orang ini menampilkan pertunjukan konser simfoni di lokasi istimewa, Amphitheater, di Institut Teknologi DEL (IT DEL).

Institut ini terletak di Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Toba Samosir, Sumatra Utara. Vinculos menggelar konser simfoni di IT DEL, Sabtu, (29/7). Pertunjukan Vinculos di IT DEL ini meninggalkan kesan mendalam. Mereka menggelar konser di auditorium terbuka dengan latar belakang Danau Toba lengkap dengan lanskap deretan perbukitan. Konser simfoni semakin eksotis karena bertepatan dengan waktu matahari terbenam.

Aksi panggung ini membuat Danau Toba semakin mendunia karena penyelenggara menyiarkan langsung konser mereka melalui Youtube. Pagelaran ini semakin semarak karena panitia mengundang 600 siswa dari sekolah dasar, menengah, tinggi di Kabupaten Tobasa untuk menyaksikan konser ini.

Istri Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Devi Simatupang, ikut menghadari konser Vinculos di IT DEL. Sekolah IT DEL berdiri sejak 2001 atas inisiatif Luhut untuk menciptakan pendidikan bermutu tinggi di sekitar Danau Toba. Hingga kini, IT DEL telah meluluskan 13 angkatan sampai Oktober 2016.

Pemilihan tempat remote area IT DEL di tepi Danau Toba bertujuan agar proses pendidikan benar-benar terfokus dan tidak terpengaruh oleh kegiatan atau aktivitas luar atau perkotaan. Sementara untuk akses informasi dari luar dapat dilakukan dengan internet dan TV Satelit (kabel).

Indonesia sendiri  mendapat kehormatan sebagai negara Asia pertama yang mendapat kunjungan dari Vinculos. Datang ke Indonesia, mereka mengusung tema Unidad La Diversidad atau Bineka Tunggal Ika. Vinculos mempunyai proyek untuk mempromosikan nilai sosial dan budaya melalui musik tanpa memandang suku, agama, ras, dan kebangsaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku penggagas kunjungan Vinculos ini merancang pusat kegiatan mereka di Taman Bumi Kaldera Toba dengan tema “Super Volcano”. Lokasi ini menjadi ikon baru di kawasan Danau Toba yang oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya sudah ditetapkan sebagai satu dari 10 Bali Baru, atau destinasi prioritas. Kegiatan ini bukan semata-mata untuk diplomasi dan interaksi budaya dua negara, Spanyol-Indonesia, tetapi lebih menitikberatkan promosi wisata Danau Toba kepada dunia.

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid mengatakan, sengaja memusatkan kegiatan di Taman Bumi Kaldera Toba agar dapat meningkatkan kunjungan wisatawan asing. “Lokasi kegiatan ini sengaja dirancang agar ikon pariwisata kawasan Danau Toba saat ini dapat memberi nilai lebih dan berdampak hebat pasca kunjungan musikal grup Vinculos di tanah Batak,” ujar Hilmar dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 30 Juli 2017.

Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata, Hiramsyah Thaib, gembira dengan program Kemendikbud ini. Dia berterima kasih kepada gagasan Kemendikbud mengemas agenda akulturasi Spanyol-Indonesia dengan kegiatan pariwisata di Danau Toba.

“Terima kasih, ini semangat Indonesia Incoporated yang canggih. Memang sangat penting mengangkat misi pertukaran budaya, sosial dan pendidikan di destinasi Danau Toba, ini akan memantik wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba,” ujar Hiram.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button