DestinationHeadline NewsTourism

Kemenpar Boyong 90 Industri Pariwisata di ITB Asia 2017 Singapura

Bukan main yang ditunjukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam mempromosikan brand Wonderful Indonesia kepada dunia. Meski sudah banyak kegiatan yang digelar namun Kementerian yang satu ini tidak mengenal kata lelah untuk terus mempromosikan Wonderful Indonesia.

Kali ini Wonderful Indonesia akan bersinar di Singapura, dengan tajuk ITB (— Internationale Tourismus-Borse ) Asia 2017 yang dilangsungkan pada 25-27 Oktober 2017 mendatang.  Di event ini, Wonderful Indonesia akan mengerahkan seluruh kekuatannya untuk menjaring wisman dalam ukuran jumbo.
Ada alasan kuat mengapa Kemenpar begitu semangat ikut  event pariwisata dunia ini. Alasannya wisatawan dari negeri singa itu tercatat sebagai wisatawan terbanyak yang mengunjungi Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya. Hingga 2015, sumbangsih kunjungan wismannya selalu paling besar, sebelum akhirnya disalip Cina di semester II tahun 2016. Karena itu, event ini adalah moment yang tepat untuk kembali memdongkrak kembali jumlah kunjungan wisatawan Singapura ke Indonesia.
Karenanya momentum ITB Asia 2017 di Singapura tak ingin dilewatkan begitu saja. Apalagi, kegiatan ini diendorse khusus oleh tim ITB — Internationale Tourismus-Borse—Berlin, yang setiap tahun menjadi travelmart terbesar di dunia.

“Kita akan tampil all out di ITB Singapore. Forum Business to Business (B to B) ini akan tetap menjadi prioritas kegiatan selling kami,” ungkap Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Rizki Handayani, Sabtu, 21 Oktober 2017.

Indonesia tidak pernah absen mengikuti ITB Asia di Singapura. Sama dengan event sebelumnya, kali ini Indonesia akan mempromosikan sekaligus mempertahankan eksistensi pariwisata Indonesia di dunia khususnya kawasan ASEAN.
Tidak tanggung-tanggung Industri  pariwisata yang diajak Kemenpar dalam meramikan booth Indonesia, yakni sebanyak 90 industri pariwisata. Para industri-industri tersebut terdiri dari Aceh (1), Sumatera Utara (1), Kepri (5), Sumatera Selatan (1), Banten (1), Jakarta (5), Jawa Barat (2), Jawa Tengah (4), DI Yogyakarta (3), Jawa Timur (1), Bali (39), Nusa Tenggara Barat (5), Nusa Tenggara Timur (5), Kalimantan Tengah (1), Sulawesi Tenggara (1), Sulawesi Selatan (1), Papua (1), Papua Barat (1), Seluruh Indonesia (12).

Kemudian 74 industri pariwisata sebagai co-delegates, 6 Dinas Pariwisata Daerah yakni Dispar Aceh fasilitasi 1 (satu) industri pariwisata (Co-Exhibitor), Dispar Prov. Sumatera Barat TBC, Disbudpar Prov. Kepulauan Bangka Belitung fasilitasi 3 (tiga) industri pariwisata (Trade Visitors), Disbudpar Prov. Sumatera Selatan fasilitasi 1 (satu) industri pariwisata (Co-Exhibitor), Disporapar Jawa Tengah fasilitasi 3 (tiga) industri pariwisata (Co-Exhibitors) dan Dispar Sulawesi Selatan fasilitasi 1 (satu) industri pariwisata (Co-Exhibitor).

“Kami membawa delegasi yang akan aktif berpartisipasi terdiri dari 90 industri dari destinasi-destinasi unggulan di Indonesia. Mereka akan membawa paket-paket wisata yang tentunya sudah siap untuk ditawarkan kepada para buyers,” kata dia.
Kemenpar benar-benar akan memanjangkan pengunjung ITB Asia yang mengunjungi booth Indonesia. Di booth ini akan ada Pelayanan Informasi Pariwisata, Coffee Corner, Spa Corner oleh Sariayu Martha Tilaar, Virtual Reality (VR) 360 Corner, dan Demo Corner Siluet oleh Prijadi K. Ada VIP Corner dengan tempat duduk dari sofa yang nyaman, untuk tamu-tamu VIP yang hadir di Paviliun Wonderful Indonesia.

Asdep Pengembangan Pasar ASEAN Kemenpar Rizki Handayani menambahkan, ITB Asia 2017 ini adalah forum untuk mempertemukan buyers dan sellers yang berkualitas. Mereka sudah appointment, sebelum pertemuan, karena itu akan menjadi kekuatan event ini. “ITB Asia mempertemukan international exhibitors dan buyers dari kalangan MICE, Leisure dan Corporate travel markets,” kata Rizki.

Tahun ini, lanjut Rizki, Indonesia berkesempatan mendapat satu slot Seminar Destination Showcase ITB Asia 2017. Ini adalah salah satu program dalam ITB Asia, ekshibitor boleh mempromosikan produk destinasi pariwisatanya dalam sebuah forum seminar yang dihadiri oleh buyers potential dan stakeholder yang berkecimpung di bidang pariwisata.

“Kemenpar mendapat satu slot Destination Showcase pada tanggal 26 Oktober 2017 pukul 13.30-14.00 di Presentation Hub, Marina Bay Sands. Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Arie Prasetyo akan mengisi slot tersebut menjadi narasumber dengan tema paparan Tourism Development Investment Opportunities Lake Toba,” ujar Rizki.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button