Headline NewsInvestmentTourism

Kepala BKPM: Pertumbuhan Investasi Pariwisata Terus Meningkat di Luar Bali

Ketua BKPM  Thomas Lembong mengatakan Bali menjadi kiblat pariwisata nasional namun  untuk pertumbuhan investasi-nya, Bali masih kalah dengan destinasi wisata di daerah lain. Pertumbuhan Investasi di daerah yang memiliki destinasi menarik terus meningkat, seperti Labuan Bajo, Belitung dan Manado.

“Persepsi saya  adalah bahwa  pertumbuhan yang paling tinggi  memang terjadi  di destinasi-destinasi di luar Bali  tentunya base  atau basis pertumbuhannya masih kecil tapi  tingkat pertumbuhannya sangat tinggi, kata Thomas dalam jumpa pers di Kantor BKPM, Jakarta, Selasa, 6 Maret 2018.

Thomas menjelaskan melonjaknya angka investasi pariwisata di daerah arahan  Presiden Jokowi untuk terus menggenjot infrastruktur di daerah pariwisata, seperti menyulap  bandara  di daerah menjadi bandara berkelas.

“Ini berkat  program infrastruktur  Bapak Presiden  yang meng-upgrade  airport-airport di tempat-tempat tersebut , dua tahun yang lalu dan tiga tahun yang lalu  dan juga  itu membuka peluang  untuk  lebih banyak penerbangan  seperti tiga tahun lalu kan tidak ada   penerbangan langsung Jakarta ke Labuan Bajo, sekarang sudah  ada. Tiga tahun lalu tidak ada penerbangan langsung  dari Singapura ke  Danau  Toba, sekarang sudah ada,” ujar Thomas.

Selain Bandara, pemerintah juga memperbaiki infrastruktur lain seperti jalanan menuju destinasi wisata  dan membangun jaringan komunikasi  berbasis internet dengan koneksi super cepat. Menurut Thomas internet sangat dibutuhkan di destinasi wisata guna  memberikan kemudahan bagi wisatawan meng-update kegiatan selama berada di destinasi tersebut.

Thomas menilai  digitalisasi sangat berkaitan dengan sektor pariwisata. Bahkan usaha berbasis digitalisasi seperti e-commerce dapat memberikan dampak positif bagi pariwisata.

“Semaraknya sektor e-commerce itu  berdampak langsung pada sektor pariwisata dan life style.  Jadi orang bisa browsing-browsing melihat destinasi-destinasi dengan menggunakan platform seperti  traveloka.  Dengan sangat mudah  membooking pesawat dan hotel atau paket  wisata, ” tutur Thomas.

Atas dasar itulah BKPM terus mendorong diperkuatnya sektor teknologi digitalisasi sebagai salah satu solusi untuk menarik lebih banyak investor. BKPM mencatat realisasi investasi di bidang pariwisata selama lima tahun terkahir (2013-2017) rata-rata tumbuh 20% per-tahun  dan khusus pada tahun 2017 pertumbuhannya mencapai 31% atau mencapai angka USD 1,7 miliar.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close