Kimberlyn Sugianto Terpilih Sebagai Miss Chinese Indonesia 2022

0

Yayasan EL JOHN Indonesia sukses menyelenggarakan pemilihan Miss Chinese Indonesia 2022 dengan mengangkat tema “The Spirit of Chinese Culture”.  Malam Grand Final kontes ini, berlangsung secara meriah di Hao Di Fang Restaurant, Season City, Jakarta Barat, Kamis malam  (01/12/2022) dan dihadiri lebih dari 500 tamu undangan.

Pada malam grand final ini, dewan juri mengumumkan nama Kimberlyn Sugianto sebagai peraih gelar Miss Chinese Indonesia 2022.  Ada lima dewan juri yang menilai penampilan finalis, mereka adalah  Budayawan    Hasan Karman (Ketua Dewan Juri), Property Influencer and Content Creator Ruby Herman (anggota), Professional MC-Dosen Muda LSPR Communication and Business Institute Surianto (anggota), Ketua Yayasan Indonesia Tionghoa Culture Centre Lily Yoshica (anggota) dan 2nd Runner Up Miss Chinese World 2021 Aldora Helsa Goewyn (anggota). Sementara itu, untuk Juri Kehormatan adalah Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto

Dalam proses pemilihan saat Grand Final ,  dewan juri mengerucutkan jumlah finalis sebanyak dua kali yakni 10 besar dan 6 besar. Di babak 6 besar, finalis yang lolos harus menjawab pertanyaan para dewan juri, seputar akulturasi budaya Tionghoa-Indonesia. Untuk menjawab pertanyaan yang diajukan, enam finalis harus mengangkat tangan dengan cepat setelah pertanyaan  dibacakan dewan juri dan finalis lain  boleh menambahkan jawaban dari rekannya.

Penilaian terhadap Finalis tidak hanya saat malam Grand Final saja, namun sudah dilakukan sejak karantina online dan tatap muka. Karantina online berlangsung pada tanggal 9 Agustus hingga 13 Agustus 2022 lalu. Dalam masa karantina online, para Finalis Miss Chinese Indonesia 2022 mendapatkan materi pembekalan dari berbagai pembicara yang kompeten dan sangat luar biasa. Selain itu seluruh Finalis juga berkesempatan untuk berkolaborasi mempromosikan pariwisata melalui media sosial serta memberikan informasi mengenai budaya Tionghoa.

Sedangkan untuk karantina tatap muka dilangsungkan selama empat hari (28 November hingga 1 Desember 2022 di Merlynn Park Hotel Jakarta. Di karantina tatap muka ini, para finalis kembali mendapatkan pembekalan dari orang-orang hebat, serta melakukan tes wawancara.

Kimberlyn mengaku senang dan bangga  dapat meraih gelar  tertinggi di kontes paling bergengsi di Indonesia ini. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada kedua orangtua yang tidak henti-hentinya memberikan dukungan dari awal Kimberlyn mengikuti kontes ini hingga Grand Final.

Tak lupa, Kimberlyn menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto yang telah mempercayakan gelar tertinggi ini dan Kimberlyn  berjanji akan menjalankan kepercayaan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Setelah ini,  saya akan mensosialisasikan akulturasi budaya Tionghoa Indonesia melalui media sosial dan saya juga akan aktif membuat karya seni yang berkaitan dengan suku Tionghoa  sebagai bagian untuk memperkenalkan budaya Tionghoa-Indonesia,” sambung Kimberlyn.

Selain Kimberlyn, finalis yang masuk enam besar juga mendapatkan gelar, yakni  Felita Delfina Fong (Miss Chinese Indonesia Tourism 2022), Joan Angelina (Miss Chinese Indonesia Culinary 2022), Josi Lim (Miss Chinese Indonesia Culture 2022), Yeung Wai Wai (Miss Chinese Indonesia Entrepreneur 2022) dan Nichelle Versailline Izzy Prawito (Miss Chinese Indonesia Medical 2022).

Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto  mengucapkan selamat kepada finalis yang meraih gelar.  Diharapkan para pemenang dapat memperkenalkan budaya peranakan Tionghoa-Indonesia kepada masyarakat internasional melalui kontes dunia sesuai dengan tema yang diangkat

“Miss Chinese Indonesia 2022 mengangkat tema The Spirit of Chinese Culture dengan harapan Miss Chinese Indonesia dapat membawa budaya peranakan Tionghoa-Indonesia ke panggung dunia, karena kita ketahui bahwa setiap negara budayanya berbeda-beda serta turut menjaga dan melestarikan akulturasi budaya Tionghoa-Indonesia,” kata Martinus Johnnie Sugiarto.

Pada kesempatan  ini, Martinus Johnnie Sugiarto yang juga sebagai CEO EL JOHN Media  mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya pemilihan  Miss Chinese Indonesia 2022.

“Izinkan saya atas nama Yayasan EL JOHN Indonesia dan seluruh finalis menyampaikan terima kasih yang sebesar besar nya kepada para sponsor, dewan penasehat, dewan juri dan semua pendukung acara yang telah berkenan mendukung sehingga kegiatan MCI 2022 ini dapat dilaksanakan pada malam ini, semoga Tuhan yang maha pengasih memberikan kita kesehatan dan kesuksesan melalui semua kegiatan kita. Amin,” ujar Martinus Johnnie Sugiarto.

Pihak yang mendukung pemilihan Miss Chinese Indonesia 2022 yakni Bank BCA, Mito Electronic, President University, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Parai Hotel And Resort, Istana Pool Villas & Spa , Universitas Tarumanagara, Merlynn Park Hotel, Torenda Jewellery, O.Twoo.Indonesia, Kreen Indonesia, Tasya Hot Spring Eco Park , Sun Clinic, Nataliang Mua, Evachend Fashion, Wrby Custom Made And Gown Rental, Jdf.Collection, Moorlife, Cleo Oxygen, Kedai Hepi-Hepi, Angke Restaurant, Nana Florist, Heyleaf.Id, Kose, Unilon, Sahara Nana, Frey Bride, Batik Tulis Lasem Hasta Dana Art, Jakarta 360 Video Booth, Sag Photography, Cereals Potrait (@Cereal.Portraits), Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Dan  Federation Of Barongsai Indonesia (FOBI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *