Headline NewsPageants

KLHK Ajak Para Finalis Miss Earth Indonesia 2017 Terapkan 3 M Dalam Mengelola Lingkungan

Hari ke sepuluh masa karantina di Hotel Ibis Budget, Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin, 17 Juli 2017,  30 finalis Miss Earth Indonesia 2017 kembali mendapatkan sejumlah pembekalan. Salah satunya pembekalan diberikan oleh Direktur Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dra Jo Kumala Dewi Msc.

Kepada para finalis, Jo memberikan pembekalan tentang bagaimana meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melindungi dan mengelola lingkungan. Di awal pembekalan Jo menanyakan tentang definisi Lingkungan Hidup kepada para finalis. Pertanyaan ini dijawab dengan sempurna oleh  sejumlah finalis. Dalam pembekalan ini, Jo juga mengajak para finalis untuk melakukan langkah nyata dalam perlindungan dan pengelolaan  lingkungan.

“Saya memberikan tips bagaimana mereka bisa mewujudkan perilaku ramah lingkungan. Mereka sebagai miss earth itu bisa membawakan contoh perubahan mendorong masyarakat untuk bisa melakukan aksi-aksi nyata dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,” ujar Jo saat diwawancari Redaksi EL JOHN News di Hotel Ibis Budget, Senin, 17 Juli 2017.

Jo mengapresiasi semangat yang diperlihatkan para finalis saat mendapatkan pembekalan. Namun Jo berharap, para wanita muda dan cantik ini perlu meningkatkan informasi seputar perlindungan dan pengelolaan  lingkungan.

“Karena bagaimana pun juga mereka ini mau jadi contoh dan mendorong masyarakat pastinya perlu berbagai informasi,  karena masyarakat kita sekarang sudah kritis dan juga rasanya tadi banyak juga pertanyaan bagaimana mereka bisa menjawab tantangan-tantangan itu seharusnya yang mereka lakukan,” ujar Jo.

Jo berharap para finalis yang berhasil menyandang predikat Miss Earth Indonesia 2017 ataupun tidak untuk menjadi panutan  dalam  mengkampanyekan isu-isu soal lingkungan kepada masyarakat.

“Kami harapakan Miss Earth-Miss Earth ini bisa membawa perubahan dan  menjadi contoh terutama dalam mengkampanyekan misalkan sekarang mengurangi sampah plastik  dan lain-lain itu sangat penting sekali tetapi dirinya sendiri harus membuktikan dahulu supaya bisa menjadi contoh berawal dari diri sendiri dan menerapkan  3 M yakni  mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil dan mulai dari sekarang ga bisa ditunda-tunda lagi,” tutup Jo.

Pesa dari Jo agar para finalis selalu menerapkan 3 M dalam kehidupannya disambut baik oleh sejumlah finalis, salah satunya dari no urut  18, Intan Wisni Permatasari. Intan mengaku pembekalan  dari Direktur Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut menjadi salah satu pembekalan yang berkesan bagi dirinya.

“Pembekalan dari ibu Jo berkesan banget bagi saya, karena apa yang diajarkan ibu Jo benar-benar masuk untuk saya, utamanya soal 3 M dan saya akan menerapkan hal itu dalam kehidupan sehari-hari saya,”kata Intan.

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button