DestinationTourism

Libur Natal, Objek Wisata di Sukabumi Diserbu Wisatawan

Sudah menjadi tradisi setiap libur Natal dan Tahun Baru, objek wisata dipadati oleh pengunjung, seperti di Sukabumi. Untuk libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Sukabumi diserbu wisatawan domestik.

“Estimasi kedatangan wisatawan di atas 10 ribu orang datang dari beberapa daerah seperti Bandung, Cianjur, Bogor, Kota Sukabumi, DKI Jakarta, dan lain-lain,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Yudi Panca Yoga, di Sukabumi, Minggu, 24 Desember 2017.

Para wisatawan ini tersebar di tiga objek wisata yang ada di Sukabumi, yakni areal pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Puncak Darma di Kecamatan Cemas, dan beberapa tempat lainnya di areal Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu (GNCP).
Yudi menyebut kenaikan wisatawan untuk libur panjang ini mencapai 10 persen.  Kedapatan wisatawan di tiga objek wisata tersebut sudah terlihat sejak pagi hari. Wisatawan itu kebanyakan memilih menghabiskan akhir pekan yang berbarengan dengan libur hari besar keagamaan natal di pantai.
Terkait arus lalu lintas, sejauh ini masih terbilang lancar, meskipun masih ada antrian kendaraan yang jumlahnya tidak terlalu membludak. Kondisi lalu lintas yang lancar  terjadi di objek wisata di wilayah Sukabumi Selatan, seperti Palabuhanratu dan sekitarnya. Sementara itu untuk Sukabumi utara setiap harinya memang selalu terjadi penumpukan kendaraan dan kemacetan arus lalu lintas.

“Memang pada libur panjang akhir pekan dan natal serta musim libur sekolah arus kedatangan tidak sepadat saat libur Idulfitri atau lebaran lalu, tapi kami tetap meningkatkan pengamanan untuk kenyamanan para wisatawan,” katanya pula.

Yudi mengatakan laporan dari petugas di beberapa titik pusat wisata di Sukabumi itu, lonjakan kedatangan wisatawan sudah terjadi dan diperkirakan puncaknya akan terjadi sekitar pukul 18.00 WIB.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polres Sukabumi, Satuan Polisi Pamong Praja, TNI, relawan SAR serta Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) untuk pengamanan wisatawan tersebut.

Wisatawan baik yang masih dalam perjalanan maupun di lokasi wisata diimbau agar tetap waspada karena kerap turun hujan deras, serta harus mengindahkan peraturan dan imbauan dari petugas penjaga keamanan di lokasi wisata untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.(Antara)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button