Headline News

Makassar Dianugerahi Kota Cerdas Indonesia 2017

Kota Makassar patut berbangga diri. Pasalnya di penghujung tahun 2017 kota berjuluk Angin Mamiri itu dinobatkan sebagai Kota Cerdas Indonesia 2017. Tak tanggung-tanggung, pada perhelatan kali ini, Makassar memenangkan penghargaan pada tiga kategori sekaligus.
Tiga kategori penghargaan yang diraih yakni Rinciannya yakni Rating Kesiapan Pemerintahan Digital (Digital Government Readiness), Rating Kesiapan Integritas (Integration Readiness) dan Rating Pengembangan dan Pengelolaan Kota(Smarter Way).
“Alhamdullilah, Kota Makassar kembali berjaya di tingkat nasional. Kali ini pada penilaian atau rating Kota Cerdas Indonesia 2017 dengan tiga kategori sekaligus,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ismail Hajiali, Selasa, (12/12/2017).
Penghargaan diserahkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara dan diterima Ismail Hajiali mewakili Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto pada acara Awarding Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017 di gedung Dharnapala Kementerian Keuangan RI, Jakarta.
RKCI diinisiasi oleh Institut Teknologi Bandung dan di didukung oleh APEKSI. Ajang ini untuk mengetahui efisiensi dan efektivitas kota dengan cara cerdas dengan melakukan survei terhadap 93 kota di Indonesia. Selain itu, juga dilakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi Kota Cerdas berdasarkan potensi dan karakter masing-masing. Kegiatan pemetaan ini merupakan kegiatan 2 tahunan dan dimulai pertama kali pada 2015.
“Program Makassar Sombere & Smart City yang dicetuskan Pak wali (Walikota Makassar) semakin menunjukkan hasil yang lebih baik untuk Makassar. Tentu saja ini berkat kerja-kerja kita semua, pemerintah kota dan masyarakat tanpa terkecuali,” lanjut Ismail.
Kota cerdas adalah kota yang dapat mengelola berbagai sumber dayanya secara efektif dan efisien. Tentunya kota cerdas juga dituntut mampu menyelesaikan berbagai tantangan melalui solusi inovatif, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan untuk peningkatan kualitas hidup warganya.
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button