Tourism

Mantap Bah, UNESCO akan Tetapkan Tenun Ulos Jadi Warisan Budaya Dunia

Kain Ulos adalah simbol adat Ulos yang dipakai setiap kegiatan ada suku Batak, baik dalam suka dan duka. Ulos banyak ragam dan fungsi. Bukan lagi sekedar karya seni biasa, Tenun Ulos akan semakin mendunia karena pemerintah Indonesia akan segera mendaftarkan kain Ulos sebagai salah satu warisan bangsa Indonesia ke UNESCO.

Mengantisipasi terjadinya klaim terhadap kain tenun Ulos asal Sumatera Utara oleh negara tetangga, pemerintah diminta menetapkan tanggal 17 Oktober 2015 sebagai hari Ulos Nasional. Tidak hanya itu, kain tenun kebanggaan suku Batak ini juga segera didaftarkan ke Unesco sebagai warisan budaya nasional.

“Tahun 2014 lalu, sudah kami ajukan ke Unesco. Saat itu kami diminta untuk memenuhi persyaratan,” jelas Ketua Panitia Nasional Peduli Ulos  Ida Lainari Pasaribu pada acara Rapat Koodinasi Gerakan Masyarakat Berbasis Budaya “Menjadikan Ulos Sebagai Warisan Budaya Dunia” di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Jumat (11/12).

Ida Laniari Pasaribu mengatakan, dalam perkembangannya kain Ulos banyak diminati oleh masyarakat, tidak terkecuali di negara asing.

Melihat perkembangannya, lanjut Ida, diperlukan ketegasan yang menyatakan bahwa kain Ulos merupakan warisan budaya Indonesia. Dengan alasan itu, maka disarankan

“Sebagai bentuk dukungan untuk go internasional dan mendaftarkan kain Ulos ke UNESCO, berbagai kegiatan digelar oleh Panitia Nasional Peduli Ulos,” lanjut Ida dalam rilisnya

Panitia Nasional Peduli Ulos juga akan menggelar Pentas Musik Batak, Fashion Show Ulos, dan malam dana untuk pengrajin Ulos di Medan, Sumatera Utara, pada 20 Februari 2016, dan di Jakarta, pada tanggal 26 Maret 2016.

Setelah, panitia akan menggelar Parade Ulos Terpanjang di Dunia yang akan digelar di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, pada tanggal 24 April 2016. “Acara ini rencananya akan dihadiri Presiden Jokowi dan Menteri PMK Puan Maharani,” ungkapnya.

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button