Headline NewsPageants

Martinus Johnnie Sugiarto Ajak Finalis PPI 2020 Perdalam Pengetahuan Untuk Perkuat Kebenaran

Para finalis Putri Pariwisata Indonesia 2020 kembali mendapat pembekalan dari Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto saat menjalani kegiatan karantina virtual ke-IV, Rabu ( 28/10/2020). Kali ini materi pembekalan yang dipaparkan berjudul  ‘Kebenaran Sebatas Pengetahuan’.

Johnnie menjelaskan, kebenaran itu harus ditanamkan sejak dini, namun jangan disalahgunakan fungsinya. Sering kali,  kebenaran yang ditanamkan seorang anak salah penempatannya.

“Salah satu contoh yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kebenaran yang ada di dalam otak anak-anak anak-anak itu masih banyak tidak mengetahui hal yang sebenarnya apa yang terjadi. Pengetahuan dia hanya sebatas apa yang dilihat dan apa yang diceritakan oleh orang tuanya atau oleh kakaknya itulah kebenaran menurut dia,” kata tokoh pariwisata nasional ini.

Menurut Johnnie, kondisi itu harus dirubah, yakni  katakan benar untuk kebaikan, bukan benar hanya untuk menutupi kesalahan. Jika hal ini dilakukan, maka si anak kelak akan memahami bahwa benar itu harus dengan pengetahuan dan bukan untuk menutupi kesalahan.

“Kebenaran itu harus ditanamkan secara benar jangan ketidakbenaran dibenarkan terus ditanamkan di dalam otak anak kecil itu akan pengaruh pada saat dia tumbuh besar. Pada saat kita tumbuh besar tentu lingkungan kita juga berbeda dengan lingkungan yang berbeda pengetahuan,” ungkap CEO EL JOHN Media ini.

Kebenaran pun ada tingkatannya mulai dari kebenaran munurut anak kecil dan orang tua, hingga kebenaran menurut anak sekolah dan mahasiswa.

Lebih lanjut Johnnie mengungkapkan bawa pengetahuan dapat menguatkan kebenaran.  Karena itu, seorang yang memiliki pengetahuan yang mendalam dapat menyakini kebenaran yang diungkapkannya.

“Dia adalah seorang dokter seorang yang sudah belajar sekian tahun dan sudah punya pengalaman Sekian banyak menjadi seorang dokter. Bahkan omongan dia jauh lebih mudah di apa di ditangkap orang-orang untuk mempercayai apa yang dia ngomong. Sama seperti kita belajar agama kalau kita belajar agama tentu kita juga lebih gampang percaya dengan seorang ulama yang ngomong seorang pastur yang ngomong, seorang biksu yang ngomong. Kenapa,  karena memang memang memang mereka mengabadikan dirinya dalam bidangnya sehingga mereka punya kepakaran punya pengetahuan yang lebih lengkap,” ungkap Johnnie.

Karena itu Johnnie mengajak finalis untuk sebanyak-banyaknya membekali diri dengan ilmu pengetahuan agar kebenaran yang diungkapan dapat teruji.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button