DestinationHeadline NewsTourism

Mau Bersepeda di Atas Awan, Ini Tantangannya

Para pengelola tempat wisata harus memiliki ide-ide kreatif agar para wisatawan betah dan kembali datang ke lokasi. Salah satunya dengan membuat titik-titik selfie, agar bisa di upload di media sosial. “Harus selalu dipikirkan, di setiap destinasi untuk mendesain spot untuk selfie,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Hampir semua travellers selalu mencari spot untuk foto-foto, yang bisa favorit di media sosial. Salah satu yang sedang ngehits adalah menyediakan sepeda gantung. Beberapa destinasi berbasis alam di Indonesia sudah menerapkannya.

Sepeda gantung itu dikombinasikan dengan berbagai fasilitas yang memanjakan wisatawan. Misalnya, spot selfie. Tidak mengherankan, foto-foto travelista yang sedang menikmati sepeda gantung berseliweran di media sosial (medsos).

Anda juga ingin merasakan sensasi bersepeda di atas awan? Berikut ini empat destinasi yang menyediakan sepeda gantung

Pertama Lokawisata Baturraden yang mulai mengikuti tren kekinian. Destinasi yang berada di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) itu makin gaul. Pengelola menyediakan sepeda gantung sebelum Lebaran lalu.

“Wahana sepeda gantung ini bisa menjadi spot foto unik dan menarik. Sepeda gantung yang ada di Baturraden dikelola oleh The Geong Baturraden,” kata instruktur sepeda gantung, Agus Widodo.

Untuk mencoba wahana tersebut, pengunjung dikenakan biaya Rp 20 ribu sekali naik.  Nominal yang sama juga berlaku bagi wisatawan yang berfoto di ayunan yang berlatar belakang jurang dan pepohonan pinus. Agus mengatakan, travelista tak perlu cemas memikirkan faktor keselamatan. “Sebelum pengunjung naik wahana kami bekali dengan berbagai peralatan keamanan seperti harnes, webing, carabiner, dan helm,” ujar Agus.

kedua The Lodge Maribaya, Inilah salah satu pionir sepeda gantung di Indonesia. The Lodge Maribaya berlokasi di Kampung Babakan, Cibodas, Lembang, Jawa Barat (Jabar).
Saat ini, The Lodge Maribaya sudah menjadi salah satu destinasi wajib bagi travelista yang bertamasya ke Jawa Barat. Sudah banyak agenda one day trip dari Jakarta ke The Lodge Maribaya. Biayanya sekitar Rp 300 ribu.

Begitu sampai di sana, mata travelista akan dimanjakan dengan panorama hutan pinus yang menyegarkan. Selain sepeda gantung, The Lodge Maribaya juga memiliki banyak fasilitas. Salah satu yang paling digemari adalah sky tree. Pengunjung bisa naik ke sky tree lalu menikmati pemandangan dari atas pohon. Mau selfie? Jangan khawatir. Anda bisa selfie sepuasnya karena The Lodge Maribaya memiliki banyak spot yang aduhai.

ketiga Top Selfie Pinusan Kragilan. Cobalah ketik kata Top Selfie Pinusan Kragilan di Instagram. Anda akan melihat banyak foto menawan yang diambil travelista di tempat itu. Top Selfie Pinusan Kragilan memang sedang menjadi primadona di Jateng, khususnya di Magelang.

Destinasi itu berada di Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Travelista yang memiliki nyali wajib mencoba wahana sepeda gantung di tempat itu. Tenang saja. Pihak pengelola sudah merekayasa wahana itu sehingga aman bagi wisatawan.

Arjun, salah satu pemandu wisata di Top Selfie Pinusan Kragilan mengatakan, jumlah wisatawan bakal membeludak setiap akhir pekan. Dia menambahkan, selain sepeda gantung, ada banyak wahana yang bisa dimanfaatkan wisatawan. Misalnya, hammock dan tempat-tempat selfie.

Oh iya, jika sudah berkunjung ke Top Selfie Pinusan Kragilan, travelista sebaiknya menyambangi beberapa destinasi lain di Magelang yang kece banget. Candi Borobudur, Punthuk Setumbu, Ketep Pass… Ah, sudahlah. Magelang punya segudang tempat wisata keren.

Keempat Coban Rais. Ada tagline baru di kalangan travelista yang pelesiran ke Malang, Jawa Timur: Traveling ke Malang belum lengkap jika belum ke Coban Rais.
Lokasinya berada di Dusun Dresel, Batu. Jaraknya sekitar enam kilometer dari pusat Kota Batu. Sepeda gantung di Coban Rais baru dibuka sejak Februari lalu. Namun, saat ini, wahana itu sudah menjadi tujuan wajib bagi travelista yang piknik ke Coban Rais.

Keamanannya benar-benar terjamin. Saat menaiki sepeda gantung itu, travelista bisa menikmati pemandangan bunga-bunga indah dari Bukit Bulu Coban Rais. Untuk menikmati wahana itu, travelista hanya perlu mengeluarkan uang Rp 10 ribu. Murah, bukan? Selain sepeda gantung, Coban Rais juga memiliki banyak wahana. Misalnya, “ayunan langit” dan sky tree. Ada pula spot selfie dari papan yang bertuliskan I Love U. Eitsss, jangan baper, ya. (Sumber Lampung Pro)

 

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button