Lifestyle

Mau mendapatkan siku dan lutut yang putih, ini dia caranya

tips-agar-siku-dan-lutut-tidak-hitam

Masalah siku dan lutut yang berwarna hitam kerap kali menurunkan rasa percaya diri. Terutama bagi kaum hawa yang kerap kali dibuat pusing dengan kekurangan ini, pasalnya dengan siku dan lutut yang berwana gelap membuat mereka menjadi terbatas saat menggunakan busana, terutama jika busana yang dikenakan adalah busana diatas lutut dan bagian atas yang memperlihatkan bagian siku. Busana dengan bentuk seperti ini biasa menjadi pakaian yang amat dihindari karena membuat mereka tidak percaya diri, meskipun mengenakan baju dengan ukuran seperti itu akan terlihat cantik. Hanya saja area pada lutut dan siku yag lebih gelap dipandang sebagai sesuatu yang dapat merusak penampilan. Hal seperti ini sebenarnya bisa dimaklumi, karena umumnya wanta tidak hanya mendambakan kulit halus dan mulus saja, melainkan mereka juga menginginkan kulitnya putih merata dan tidak belang. Nih ada beberapa caranya.

Menggunakan lemon sebagai treatment untuk kulit yang hitam merupakan salah satu alternatif yang baik. Oleskan jus lemon pada kulit siku dan lutut yang berwarna gelap secara merata menggunakan kapas. Atau bisa juga potong lemon jadi dua bagian, lalu oleskan langsung pada siku dan lutut hingga mengeluarkan airnya, sampai merata. Diamkan selama 15-20 menit , kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan tiga kali sehari.

Scurb adalah cara paling mudah untuk menghaluskan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Untuk perawatan yang intensif, gunakan scrub di kulit siku dan lutut setiap hari saat mandi atau seenggaknya tiga kali seminggu. Kita bisa membeli scrub yang siap pakai di supermarket.

Parut kunyit secukupnya lalu campur dengan dua tetes minyak kelapa dan air lemon. Oleskan pada kulit siku dan lutut sambil digosok-gosok selama sekitar lima menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Bila perlu bersihkan pakai sabun agar warna kuningnya hilang. Kunyit ampuh untuk menghaluskan kulit dan membuatnya jadi kuning langsat.

Pepaya juga mengandung zat yang dapat membantu mencerahkan kulit, dalam papaya mengandung enzim papain dan berbagai jenis vitamin, seperti vitamin C dan E. Cara penggunaannya sangat mudah, hanya dengan menggosokkan satu potongan kecil pepaya ke bagian kulit lutut dan siku yang hitam.

Gunakan air kelapa untuk membersihkan siku dan lutut yang gelap dengan cara membilaskan air kelapa pada bagian kulit yang gelap seprti lutut dan siku. Air kelapa dapat memutihkan karena air kelapa mengandung klorin yang biasa digunakan sebagai pemutih, zat warna, dan cat.

Minyak kelapa murni sudah dipakai sejak berabad-abad silam dan telah menjadi resep kecantikan turun menurun. Kandungan asam laurat yang ada pada minyak kelapa diketahui ampuh menjauhkan kulit dari infeksi bakteri dan jamur. Selain itu larutan minyak kelapa murni dapat melembapkan kulit yang kering serta sel-sel kulit mati. Jadi, sediakan minyak kelapa lalu tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis. Caranya, Anda cukup mengoleskan ramuan tersebut kemudian pijat secara perlahan pada kulit lutut maupun siku yang hitam. Diamkan selama 10 menit sebelum dicuci dengan air dingin. Hal ini bisa Anda lakukan setiap selesai mandi dipagi hari. Anda juga bisa menggosok kulit jeruk nipis ke kulit lutut secara langsung untuk memutihkan dan menghilangkan warna hitam karena sel kulit mati.

Setelah merawat kulit siku dan lutut dengan bahan-bahan tersebut, hal yang enggak kalah penting adalah mengoleskan sunblock pada kulit siku dan lutut setiap kali akan beraktifitas di bawah sinar matahari agar sel-sel kulit mati yang terdapat di bagian itu enggak gampang terbakar dan jadi gelap. (arf)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button