Headline NewsHealthy Life

Menkes Minta Masyarakat Tenang Terkait Isu Munculnya Penyakit Novel Corona di Indonesia

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto meminta masyarakat tidak khawatir terkait muncul isu seorang karyawan Huawei yang diduga tertular Virus Novel Corona, setelah pulang dari Tiongkok. Menkes memastikan karyawan tersebut,  hanya mengalami flu biasa dan bukan tertular Virus Novel Corona.

Kepastian itu didapat, setelah karyawan tersebut dilarikan ke rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Setelah mengetahui informasi adanya karyawan Huawei yang diduga tertular virus mematikan itu, Menkes juga langsung meninjau kantor Huawei yang berada di Gedung BIR 2, Jakarta, belum lama ini.

”Tidak terjadi apa-apa dan sudah dipastikan dia hanya sakit radang tenggorokan biasa. Pasien sudah dicek dan Dinas Kesehatan juga telah memberikan laporan ke saya,” kata Menkes.

Menkes menambahkan bahwa peninjauan tersebut merupakan bagian dari kesiapsiagaan serta kewaspadaan Kementerian Kesehatan selaku leading sektor bidang kesehatan dalam mengantisipasi menyebarnya virus baru tersebut di Indonesia.

Dengan adanya pemberitaan yang mengegerkan tersebut, Menkes meminta semua pihak untuk berhati-hati dalam memberikan pernyataan. Jangan sampai melebihi batas kewenangan yang ada. Ia ingin setiap informasi yang beredar dipastikan dulu kebenarannya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan dengan baik. Jangan sampai apa yang disebarluaskan hanya berdasarkan asumsi belaka tanpa disertai bukti yang jelas sehingga menyebabkan kegaduhan di masyarakat.

”Itu kan bukan kapasitasnya untuk mengemukakan seputar virus dan sebagainya, kan kapasitasnya Menteri Kesehatan, dan aku akan cek semua termasuk pintu-pintu masuk negara, kita udah siaga satu ini, ngak ada tidurnya, jadi tenang, saya bekerja membantu masyarakat untuk tidak usah khawatir,” imbuhnya.

”Saya begitu dapat berita langsung saya cek, terjadi dimanapun saya akan pantau. Percayalah, pemerintah berdiri untuk menjaga kepentingan semua rakyat,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close