Headline News

Menko Luhut Dorong Maskapai Asing Beroperasi di Indonesia Untuk Stabilkan Harga Tiket

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mendorong maskapai asing untuk beroperasi di Indonesia. Langkah ini diambil untuk mencegah dominasi maskapai lokal yang dapat memicu tingginya harga tiket pesawat di dalam negeri. “Kita perlu mendorong maskapai asing masuk ke Indonesia, tetapi dengan regulasi yang tertata,” ujar Luhut dalam keterangannya usai acara Press Conference Ekspedisi Bersama Indonesia – OceanX di Bali, Rabu (15/05/2024).

Luhut mengungkapkan, banyak wisatawan asing, terutama dari Jepang, mengeluhkan kesulitan menemukan rute penerbangan langsung ke Indonesia. “Garuda sekarang sering menerima keluhan dari penumpang asal Jepang. Banyak yang ingin terbang, tapi maskapainya kurang. Akibatnya, mereka harus mencari rute alternatif yang lebih mahal,” jelasnya.

Luhut menegaskan bahwa maskapai asing yang akan beroperasi di Indonesia harus tunduk pada regulasi terkait kepemilikan saham. “Misalnya, ada aturan tentang kepemilikan saham yang tidak boleh mayoritas. Jika tidak dipenuhi, banyak orang akan kesulitan,” tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga menyatakan bahwa Indonesia masih kekurangan sekitar 300-350 armada transportasi udara. Kekurangan ini diidentifikasi menjelang musim mudik Lebaran tahun ini dan dianggap sebagai salah satu faktor yang membuat harga tiket pesawat melonjak.

Menurut Sandiaga, kekurangan armada ini harus segera diatasi untuk menstabilkan harga tiket. “Kami memiliki tanggung jawab untuk memastikan jumlah pesawat yang beroperasi di Indonesia cukup. Kekurangan antara 300-350 pesawat harus segera diatasi,” kata Sandiaga beberapa waktu lalu.

Sandiaga juga menyampaikan masalah tingginya harga tiket kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Istana Negara. “Dengan menambah jumlah penerbangan, ketersediaan kursi akan meningkat, dan harga tiket dapat lebih terjangkau,” imbuhnya.

Dalam upaya untuk menekan harga tiket dan meningkatkan layanan penerbangan di Indonesia, langkah mendatangkan maskapai asing dianggap sebagai solusi yang perlu diimplementasikan segera. Pemerintah berharap dengan adanya kompetisi yang lebih sehat, masyarakat dapat menikmati harga tiket yang lebih wajar dan aksesibilitas penerbangan yang lebih baik.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button