Tourism

Peluncuran Calendar of Event 2020 : Kaltim Akan Fokus ke Pariwisata

Peluncuran Calendar of Event (CoE) Kaltim 2020 yang bertepatan dengan HUT ke-63 Kalimantan Timur diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan pariwisata di seluruh kabupaten dan kota di Kaltim dan menjadi sumber referensi bagi para pelaku industri ekonomi yang bergerak di bidang pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Sri Wahyuni  menjelaskan, peluncuran CoE Kaltim 2020 ini bisa memudahkan pelaku industri  menawarkan paket wisata kepada pengunjung yang akan datang ke Kaltim sekaligus sebagai sumber informasi wisata yang dapat dikunjungi sepanjang  2020.

“CoE diluncurkan bertepatan di HUT Kaltim, rangkuman dari semua atraksi event sepanjang 2020 yang kami rangkum di CoE dan sebagai sumber informasi,” kata Sri, Minggu (12/1/2020) kemarin.

Selain sebagai sumber informasi dan database, CoE juga menjadi sebuah edukasi bagi masyarakat atraksi wisata seni, budaya dan tematik sport tourism yang ada di Kaltim yang kaya dengan wisatanya. Referensi bagi pihak industri pariwisata juga perlu guna menyusun paket wisata untuk menyusun tour bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang nantinya akan berkunjung ke Kaltim.

Sri Wahyuni juga menambahkan, fungsi CoE juga untuk melihat seberapa jauh ruang kreasi yang tersedia di Kaltim guna melihat potensi-potensi yang akan dikembangkan. Dirinya menyebut sektor wisata tidak bisa lepas dari pengembangan ekonomi kreatif yang memang saat ini saling menopang satu sama lain.

“Mereka (wisatawan) dan pelaku industri bisa melihat, di bulan apa dan lokasinya di mana untuk event di Kaltim, pelaku industri bisa menyusun paket perjalanan pariwisata seperti trip di bulan-bulan tertentu yang sudah tersusun dalam CoE,” paparnya.

Di dalam CoE sendiri, Pemprov Kaltim melalui Dinas Pariwisata Kaltim 2020 menyusun agenda yang meliputi 62 kegiatan yang terdiri dari 26 kegiatan seni budaya, 28 seni kreatif dan 10 wisata olahraga sejak bulan Januari hingga Desember 2020.

“Direktori event Kaltim saya yakin lebih dari 62, hanya saja yang tercantum dalam CoE adalah event yang sudah memenuhi informasi yang kami cantumkan di CoE,” sebut Sri lagi.

Ada beberapa event yang akan berjalan di tahun 2020 tetapi tak tercantum dalam CoE karena belum bisa memastikan pelaksanaan event, nanti pihaknya akan terus mempromosikan tetapi tidak dalam CoE.

Meningkatnya wisatawan lokal maupun mancanegara yang meningkat pada 2019 lalu juga menjadi catatan penting pihaknya untuk terus mempromosikan wisata di Kaltim dan akan terus memperkuat destinasi di Kaltim.

Sri juga mengakui dibukanya penerbangan di bandara APT Pranoto juga meningkatkan para pengunjung langsung datang melalui Samarinda untuk mempersingkat waktu kunjungan ke tempat yang akan dituju.

“Berbicara pariwisata tak lepas dari empat pilar, destinasi, pemasaran, SDM serta kelembagaan. Prasarana serta fasilitas wisata terus dikuatkan, nah di 2020 kabar gembiranya bandara APT Pranoto juga membuka satu slot penerbangan dari Samarinda dan langsung menuju Maratua, mudah-mudahan terus meningkatkan kunjungan wisman dan pelaku industri di Kaltim,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close