DestinationTourism

Pemandian Tirta Budi “Blue Lagoon”, Tempat yang Menarik Untuk Wisata Air

Destinasi wisata berikut ini tentu masih sangat asing di telinga anda meski sudah puluhan kali ke Yogyakarta, sebab tempat ini masih tersembunyi. Pemandian Tirta Budi atau disebut juga dengan “Blue Lagoon” adalah destinasi wisata yang masih tersembunyi di Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan liburan Anda. Lokasinya berada di Widodomartani, Sleman.

Untuk menuju lokasi ini traveler membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Yogya ke arah utara. Dinamakan Blue Lagoon sebab kolam yang terbentuk secara alami ini memiliki air berwarna biru muda akibat pantulan cahaya matahari. Para wisatawan dapat mengunjungi pemandian ini setiap hari pada pukul 06.00-18.00. Sebuah kolam alami berwarna biru tosca bening yang belum banyak terjamah orang dan letaknya ternyata tidak jauh dari kota Jogja, ini bisa menjadi alternatif terbaru untuk melepas penat.

Untuk mencapai Pemandian Tirta Budi ini tidaklah sulit. Jika kita datang dari arah Jogja kota, langsung saja arahkan kendaraan ke Jalan Kaliurang. Sesampainya di kilometer 13, kita akan menemukan pertigaan Jalan Raya Besi-Jangkang di sebelah kanan jalan. Belok dan ikuti saja jalan raya ini hingga sampai di Pasar Jangkang. Dari pertigaan Pasar Jangkang, ambil arah kanan sekitar 100 meter dan ikuti petunjuk arahnya. Maka kita akan sampai di Blue Lagoon ini.

Konon katanya, Blue Lagoon Jogja merupakan salah satu sumber mata air yang muncul dari permukaan tanah di dalam kolam. Apabila Anda melihat ke dalam kolam akan terlihat gelembung-gelembung kecil yang muncul dari permukaan tanah. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat air yang terus menerus muncul dari permukaan tanah tersebut. Jika Anda bertualang ke Blue Lagoon ini di akhir pekan bersiaplah untuk beramai-ramai di kolam kecil ini karena pada akhir pekan akan banyak pengunjung yang memadati lokasi ini.

Tarif masuk ke area kolam pun masih terbilang murah, Rp 2000 untuk parkir motor dan Rp 1000 untuk retribusi desa. Untuk fasilitas umum seperti MCK saat ini masih mengandalkan milik warga di sekitar lokasi. Kalau untuk masalah perut mah tenang saja tak perlu takut lapar karena di Blue Lagoon ini sudah banyak warga setempat yang menjual makanan. Kedalamannya bervariasi dari 1 meter sampai 3 meter di lokasi yang paling dalam. Di hari biasa Blue Lagoon ini menjadi tempat bermain anak-anak desa setempat.

Mereka berlompatan untuk menceburkan diri ke dalam air dengan gaya yang paling hebat. Tidak hanya menawarkan sensasi mandi di sungai, di Blue Lagoon kita juga bisa merasakan terapi ikan. Di pemandian ini terdapat banyak ikan-ikan kecil yang akan menggigit kulit kaki kita ketika kita berendam. Sungai ini sangat jernih sehingga kita juga bisa melihat banyak ikan-ikan kecil berenang di sela-sela tubuh saat kita berendam atau berenang.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button