DestinationHeadline NewsTourism

Pembangunan Jalan Tol KEK Tanjung Lesung Diharapkan Dapat Terealisasi Secepatnya

Pembangunan jalan tol menjadi salah satu infrastruktur dalam mendukung pengembangan pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Pembangunan jalan tol Serang-Panimbang yang dapat mempermudah menuju KEK Tanjung Lesung ini, rencananya bakal dikerjakan oleh Pemerintah Pusat. Meski akan dikerjakan oleh Pemerintah Pusat, Bupati Pandeglang Irna Narulita berharap realisasi pembangunan jalan tol ini tidak berlarut-larut.

Irna mengaku pihaknya sudah  siap membantu Pemerintah Pusat dalam membangun jalan tol tersebut. “”Kita dari pemerintah daerah dan masyarakat Pandeglang sudah siap untuk mendukung semua kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan jalan tol itu,” kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Minggu, 3 September 2017.

Irna pun yakin komitmen Pemerintah Pusat dalam membangun jalan tol ini tidak sebatas isapan jempol. Menurut Irna sudah ada waktu yang ditetapkan untuk mengerjakan pembangunan jalan tol KEK Tanjung Lesung yang akan dikerjakan oleh Kementerian terkait.

“Tahapan-tahapan dan waktunya sudah ditetapkan, dan saya yakin akan berjalan sesuai jadwal,” ujarnya.

Pembangunan jalan tol, kata dia, merupakan program pemerintah pusat, namun sebagai tuan rumah Pemkab Pandeglang siap menyukseskan proyek itu.

“Saya sangat mengharapkan agar pembangunan jalan tol Serang-Panimbang sudah dimulai pada akhir 2017,” katanya..

Irna pun sudah punya perhitungan jika ada hambatan sehingga pembangunan jalan tol terpaksa mundur. Menurut Irna jika akhir tahun ini belum bisa dilaksanakan, kata dia, paling lambat pada awal 2018 pembangunan infrastruktur jalan itu sudah bisa direalisasikan.

Kendati demikian Irna berharap pembangunan jalan tol Serang-Panimbang dapat lancar dilaksanakan dan tidak ada oknum-oknum yang menggagu jalannya pembangunan.Mudah-mudahan semuanya dapat berjalan lancar, tanpa ada kendala teknis yang terjadi di lapangan.

Pembangunan jalan tol dilaksanakan dalam tiga seksi, yakni pertama ruas Serang-Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak sepanjang 26,5 Km, seksi II Rangkas Bitung-Bojong, Kabupaten Pandeglang sepanjang 33 Km, dan seksi III Bojong-Panimbang sepanjang 24,41 Km.

Jalan tol itu akan bangun untuk mendukung KEK Pariwisata Tanjung Lesung, Panimbang, dan diharapkan memberikan dampak positif pada perkembangan ekonomi Pandeglang.

Jalan tol itu, memiliki panjang sekitar 83 kilometer dan sepanjang 23 kilometer di antaranya berada di wilayah Pandeglang dengan melewati delapan kecamatan.

Pembangunan jalan tol tersebut diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp9,57 triliun, dengan rute melewati tiga kabupaten, yakni Serang, Lebak dan Pandeglang.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button