DestinationHeadline NewsTourism

Pemerintah Diharapkan Dapat Menambah Destinasi Prioritas

Pemerintah terus berupaya untuk menjadikan pariwisata menjadi leading sector atau sektor unggulan untuk mendongkrak devisa negara. Tekad inilah yang diinginkan Presiden Jokowi dan tekad itu telah di intruksikan kepada Kementerian Pariwisata dan juga Kementerian lain yang tugasnya berkaitan dengan pariwisata.

10 destinasi prioritas atau yang disebut dengan 10 Bali Baru telah ditetapkan pemerintah yakni Borobudur, Danau Toba, Bromo Tengger Semeru, Pulau Komodo, Pulau Serib, Tanjung Kelayang, Mandalika, Wakatobi, Morotai dan Tanjung Lesung. Namu ke-10 itu dinilai masih kurang untuk menyedot lebih banyak lagi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)

pengamat pariwisata Universitas Jenderal Soedirman, Chusmeru menyarankan agar Pemerintah dapat menambah jumlah destinasi wisata prioritas di tahun 2018 mendatang.

“Perlu menambah destinasi prioritas agar ada penyebaran kunjungan wisata ke daerah lain,” katanya di Purwokerto, Senin, 25 Desember 2017.

Chusmeru mengatakan jika pemerintah menambah destinasi prioritas di tahun depan, maka pemerintah juga berkewajiban untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di daerah yang memiliki destinasi unggulan yang berhasil.

“Pemerintah juga perlu mempercepat pembangunan untuk akses wisata, seperti bandara dan jalan, serta memastikan ketersediaan pasokan listrik dan air pada destinasi wisata di semua daerah,” katanya.

Dia menambahkan, sepanjang tahun 2017, sektor pariwisata di Indonesia telah mendorong tumbuhnya sektor lain.

“Pariwisata tahun 2017 telah mampu mendorong tumbuhnya sektor lain, industri kecil di perdesaan, agro wisata, industri kreatif seni budaya, dan kuliner,” katanya.

Keberhasilan tersebut, kata dia, perlu terus ditingkatkan di tahun 2018 mendatang.

Dia juga mengatakan, sektor pariwisata di Indonesia selama tahun 2017 telah cukup berhasil dalam peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

“Sepanjang tahun 2017 telah terjadi peningkatan kunjungan wisata dan pembangunan infrastruktur di destinasi prioritas,” katanya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button