Headline NewsSports

Pemerintah Hormati Keputusan FIFA Menunda Piala Dunia U-20 di Indonesia

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan pemerintah memahami keputusan FIFA terkait ditundanya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 yang digelar di Indonesia. Ditundanya kompetisi sepakbola paling bergengsi di dunia itu, dikhawatirkan masih terjadinya pandemi Covid-19.

FIFA telah membuat jadwal ulang untuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yakni pada tahun 2023 mendatang.

“Pemerintah juga sangat menghormati FIFA karena sebelum keputusan tersebut diambil telah terlebih dahulu mempertimbangkan berbagai aspek dan sangat mengapresiasi kesungguhan Pemerintah Indonesia bersama PSSI sebagai LOC yang telah melakukan berbagai langkah persiapan bagi suksesnya penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021,” kata Menpora dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/12/2020).

Menpora menjelaskan, dirinya telah melaporkan keputusan FIFA ini kepada Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Setelah adanya keputusan FIFA, pemerintah akan mengambil sikap melalui rapat koordinasi dalam waktu dekat ini.

“Langkah terdekat yang segera akan dilakukan adalah mengadakan rapat koordinasi pada awal minggu depan yang akan dipimpin langsung oleh Menko PMK dan akan mengundang semua pihak terkait, baik unsur Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah serta PSSI,” ujar Menpora.

Ada beberapa hal yang akan dibahas dalam rapat koordinasi tersebut, di antaranya penjelasan lengkap tentang penundaan event tersebut, update  dan kelanjutan renovasi sejumlah stadion dan lapangan latihan serta update dan kelanjutan pembinaan Timnas yang sudah dipersiapkan

“Tentu saja diperkirakan akan berubah (disesuaikan usia pada saat itu) karena event tersebut berlangsung di tahun 2023. Pada tahun yang sama, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah (co-host) Piala Dunia FIBA tahun 2023,” terang Menpora.

Hasil rapat koordinasi akan dilaporkan kepada Presiden Jokowi. Menko PMK dan Menpora yang melaporkan hasil rapat tersebut.

Tak hanya Piala Dunia U-20 yang ditunda, FIFA juga menunda penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Peru. Peru dijadwalkan akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 pada tahun 2021, namun karena ada penundaan, Piala Dunia U-17 akan dilangsungkan tahun 2023 dan tetap digelar di Peru.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close