DestinationEconomicHeadline NewsTourism

Pemutusan Hubungan Diplomatik Berimbas Dihentikannya Penerbangan di Timur Tengah

Pemutusan hubungan diplomatik antara negara-negara di Timur Tengah berunjung pada pembatalan penerbangan. Seperti diketahui hari Senin kemarin, 5 Juni 2017, empat negara timur tengah yakni Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab (UAE) dan Mesir mengumumkan penghentian hubungan diplomatik dengan Qatar. Keberpihakan Qatar dengan sekelompok terorisme menjadi alasan pemutusan hubungan diplomatik ini dilakukan.

Seperti di lansir Reurers, Qatar Airways telah resmi membatalkan semua penerbangannya ke  Arab Saudi. Namun untuk penerbangan ke tiga negara  tengah yang lain yang ikut memutus hubungan dengan Qatar belum ada pemberitahuan lebih lanjut dari pemerintah Qatar maupun dari Qatar Airways.

Sebalik seperti yang diberitakan di laman CNN, maskapai penerbangan Etihad, Emirates, Fly Dubai dan Gulf Air  juga berhenti terbang ke Qatar pada Selasa pagi, 6 Juni 2017. Maskapai-maskapai tersebut maskapai milik negara  di luar Arab Saudi. Negara pimpinan Raja Salman juga melakukan hal yang sama, yakni pemerintah Arab Saudi telah melarang semua maskapai asal Arab Saudi untuk terbang ke Doha, Qatar.

Sementara itu, UAE mengatakan menutup bandara dan pelabuhan dari semua moda transportasi dari Qatar. Untuk diketahui, ada sekitar 40 penerbangan dari UAE ke Doha. Bahrain juga mengatakan menyetop penerbangan Gulf Air ke Doha.

Pemerintah Qatar menyesalkan langkah para negara tetangganya. Buntutnya, langkah senada dilakukan oleh Qatar Airways. Diberitakan Reuters, Qatar Airways akhirnya menghentikan semua penerbangan ke Arab Saudi.

Belum diketahui bagaimana dengan penerbangan Qatar Airways lainnya ke negara-negara Timur Tengah. Para traveler yang berencana terbang dengan salah satu maskapai tersebut, diminta untuk memantau perkembangan situasi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button