Event

Pencanangan HUT Ke-497 Kota Jakarta, Pj. Gubernur Heru Ajak Warga Meriahkan HUT Ke-497 Jakarta

Pemprov DKI Jakarta menggelar kegiatan Pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (19/05/2024). Acara tersebut dihadiri Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Joko Agus Setyono, jajaran Pemprov DKI Jakarta, dan masyarakat.

Pj. Gubernur Heru mengatakan, dengan adanya pencanangan ini, maka rangkaian kegiatan HUT ke-497 Kota Jakarta resmi dimulai, terhitung sejak 19 Mei hingga akhir Juni 2024. Ia mengajak warga Jakarta dapat meramaikan seluruh rangkaian acara yang akan digelar selama sebulan ke depan. 

“Hari ini, kita lakukan pencanangan HUT ke-497 Kota Jakarta. Sekaligus, kita launching kegiatan selama satu bulan ke depan untuk merayakan hari ulang tahun Kota Jakarta. Untuk itu, saya mengajak seluruh warga Jakarta ikut meramaikan acara HUT Kota Jakarta ini. Harus kita rayakan dengan penuh harapan dan lebih optimis. Tahun ini adalah tahun terakhir kita merayakan HUT Kota Jakarta sebagai Ibu Kota Negara,” ungkap Pj. Gubernur Heru.

Adapun tema HUT ke-497 Kota Jakarta adalah ‘Jakarta Kota Global Berjuta Pesona’. Tema ini merupakan kontribusi dari masyarakat yang ikut serta dalam lomba tagline HUT ke-497 Kota Jakarta. Dari banyak peserta, diambil tiga finalis. Kemudian, tagline yang diusulkan ketiga finalis tersebut dijadikan satu tema besar.

“Tema ini kita lombakan, dari lima besar kita perkecil jadi tiga besar. dari tiga tagline itu, kita jadikan satu tema, yaitu Jakarta Kota Global Berjuta Pesona. Artinya, kita mengharapkan Kota Jakarta dapat terus bergerak dengan optimis, serta warganya selalu tersenyum dan memiliki karakter yang kuat untuk Jakarta,” ujar Pj. Gubernur Heru.

Menyambut umur 497 tahun, Pj. Gubernur Heru mengharapkan Kota Jakarta sebagai kota global dapat menjadi daya tarik atau magnet di sektor perekonomian. Karena itu, Jakarta harus mampu memberikan yang terbaik, termasuk menjaga rasa nyaman, aman, dan suasana yang kondusif bagi para investor serta seluruh pihak yang berkegiatan di Jakarta. 

“Tentunya, kita harus mengumpulkan titik-titik kegiatan yang bertaraf internasional, seperti event olahraga, kuliner, maupun budaya. Kegiatannya bisa digelar selama satu minggu atau setiap bulan sekali. Sehingga, roda perekonomian bisa tetap berjalan, dan kita bisa mendapatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang cukup baik untuk ke depannya,” terang Pj. Gubernur Heru.

Pj. Gubernur Heru juga berharap, masyarakat dapat hidup tenang dan nyaman di Kota Jakarta. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta berupaya keras memberikan fasilitas serta sarana dan prasarana yang terbaik untuk seluruh warga. Di antaranya, anak-anak bisa menempuh pendidikan dengan baik dan tersedia jarangan transportasi publik yang memudahkan warga beraktivitas.

“Setelah UU DKJ disahkan, maka tahun ini adalah tahun terakhir Kota Jakarta menyandang status sebagai Ibu Kota Negara. Maka, ke depan, siapapun yang memimpin Jakarta, harus mampu membuat Jakarta mendapatkan ranking yang terbaik dari kota-kota lain di dunia,” tegas Pj. Gubernur Heru.

Acara Pencanangan HUT ke-497 Kota Jakarta dimeriahkan oleh penampilan Kahitna, Mandra, Melanie Putria, dan Jonathan Christie. Ada pula atraksi seni-budaya berupa gotong ondel-ondel dan tarian Betawi yang menyemarakkan acara tersebut. Acara berlangsung secara tertib dan lancar. (Sumber Dinas Kominfotik Pemprov DKI Jakarta)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button