EconomicHeadline News

Peringati HUT RI ke-75, Pemerintah dan BI Luncurkan Uang Kertas Pecahan 75 Ribu

Bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-75, Pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan uang kertas pecahan Rp75 ribu. Peluncuran uang edisi khusus ini,  dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, secara virtual pada Senin (17/8/2020).

Menkeu mengatakan, diterbitkan uang kertas ini bukan untuk disebarkan secara bebas dan juga  bukan juga sebagai tambahan likuiditas untuk kebutuhan pembiayaan atau pelaksanaan kegiatan ekonomi, namun sebagai wujud syukur bahwa kemerdekaan Indonesia sudah mencapai usia ke-75.

Jumlah lembaran yang dicetak pun  hanya sebanyak 75 juta yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan selaku wakil pemerintah dan Gubernur Bank Indonesia. Selain itu, uang tersebut juga menjadi simbol penyemangat dan rasa optimisme dalam menghadapi tantangan dan masalah, termasuk pandemi Covid-19.

“Hal ini ditujukan sebagai bentuk momentum untuk kita semua mensyukuri kemerdekaan Republik Indonesia, meskipun saat ini kita dalam kondisi menghadapi wabah Covid-19. Peringatan 75 tahun Republik Indonesia merdeka juga ditujukan untuk memperteguh kita semua di dalam menjaga kebhinekaan dan kesatuan Republik Indonesia serta bertujuan untuk menambah dan meningkatkan semangat kita dalam menyongsong masa depan dan terus mendukung dan mencapai tujuan kemerdekaan,” kata Menkeu.

Menkeu menjelaskan, untuk memutuskan dibuat dan cetaknya uang ini, Pemerintah bersama Bank Indonesia serta keluarga Pahlawan, telah melakukan pembicaraan. Karena itu, diterbitkannya uang ini sudah berdasarkan keputusan bersama.

“Perencanaan serta penentuan jumlah Rupiah yang dicetak, khususnya untuk pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan atau UPK 75 tahun Republik Indonesia telah melalui koordinasi yang baik antara berbagai pihak seperti Bank Indonesia, Kementerian Keuangan,  Kementerian Sosial, Kementerian Sekretaris Negara dan para ahli waris pahlawan. Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia juga telah melalui berbagai perencanaan matang yang dilakukan sejak tahun 2018,” jelas Menkeu

Sementara itu  Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyampaikan bahwa dalam perjalanan  sejarah, Bank Indonesia  telah mengeluarkan Uang Peringatan HUT Kemerdekaan RI sebanyak 3 (tiga) kali.

“Pertama pada peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-25 Tahun 1970, Ke-45 pada tahun 1990 dan Ke-50 pada tahun 1995. Dengan demikian, UPK 75 tahun RI yang dikeluarkan tahun 2020, merupakan kali keempat pengeluaran Uang Peringatan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI,” kata Perry.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button